Wisata Pulau Kalong: Pulau Seribu Kelelawar dan Keindahan Senja

Wisata Pulau Kalong: Pulau Seribu Kelelawar dan Keindahan Senja
Advertisement

Hai para petualang, nih aku punya rekomendasi wisata senja yaitu Pulau Kalong Rinca, pulau ini letaknya di Pulau Kalong, Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Labuan bajo itu, adalah destinasi terfavorite para wisatawan mulai dari wisatawan local hingga manca negara. Disana kalian akan melihat pemandangan alam yang sangat luar biasa indahnya mulai dari, pengunungan, hamparan laut yang biru, hingga berbagai macam satwa langka yang berkembang biak disana. Jangan ragu untuk berkunjung ke labuan bajo dan lewatkan untuk mampir melihat senja di “pulau kalong”.  nah di pulau ini kalian akan mendapatkan pengalaman yang berbeda dari destinasi wisata seperti sebelumnya. Jika kalian para pemburu senja ini adalah spot yang paling cocok.

Mengapa disebut Pulau Kalong?

Sesuai dengan namanya pulau kalong (kelelawar), pulau ini dihuni oleh ribuan kelelawar besar dan satwa lain, seperti  ular piton besar dan sebagainya. pulau kecil dengan rimbunan hutan lebat dan biru air laut yang indah menambah daya tarik tempat wisata ini, tempat ini sangat cocok untuk melihat pemandangan sunset yang berbeda dari biasanya , di pulau ini kalian akan di berikan sensasi sunset yang berbeda saat matahari mulai terbenam kalian akan melihat  ribuan kalong/kelelawar yang mulai beraktifitas mencari makan, beramai-ramai dengan suara yang riuh terbang di atas air laut dan pemandangan langit yang berwarna jingga saat matahari mulai turun. Sungguh pemadangan yang sangat luar biasa.

Jadi kelelawar adalah salah satu mamalia yang dapat terbang yang berasal dari ordo chiroptera dengan kedua kaki depan yang berkembang menjadi sayap.  Kelelawar adalah nokturnal, yang artinya aktif pada waktu malam dan tidur pada siang hari.

Selain melihat sunset dan kalong di pulau ini juga menjadi spot favorite untuk snorkeling dan diving  karena banyaknya berbagai macam spesies biota laut , di pulau kalong ini juga menjadi tempat perkembangbiakan habitat ubur-ubur .

How to get the best time in Kalong Island?

Akses untuk ke pulau kalong sangat muda. Bagi kalian yang berasal dari luar daerah , kalian bisa menggunakan pesawat atau jika kalian ingin lebih hemat biaya trasportasi kalian dapat menggunakan kapal akan tetapi kapal biasanya membutuhkan waktu yang lama untuk sampai ke labuan bajo.

Untuk menyeberang ke pulau kalong rinca ini,  biasanya para wisatawan menyewa speadboat dari dermaga labuan bajo. Jarak tempuh untuk kepulau ini biasanya menghabiskan waktu selama 35  menit. Selama perjalanan kalian akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang begitu indah dan sangat damai. Dengan hamparan air laut yang biru dan bersih yang akan menghibur perjalanan anda sebelum sampai di pulau kalong.

Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi pulau ini yaitu pada pukul 18.00, Jika kalian ingin berkunjung ke pulau ini sebaiknya didampingi oleh pemandu yang berpengalaman karena pulau ini adalah pulau tak dihuni oleh manusia dikarnakan dihuni oleh satwa liar. Jadi rencanakan perjalanan mu sebaik-baiknya. Selain itu pastikan pula cuaca labuan bajo saat ini dan ombak labuan bajo agar perjalananmu ke tempat tersebut lancar.

Jadi buat kalian para traveller yang suka dan  ingin menyaksikan sunset pulau kalong  yang berbeda dari biasanya, “pulau kalong” ini adalah spot yang paling cocok dan paling recommended yang bisa kalian kunjungi. wisata pulau kalong ini merupakan destinasi wajib yang perlu ada di catatan liburanmu. Dijamin gak akan menyesal!

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *