Wisata Museum Membosankan? Ini Museum Indonesia yang Unik dan Anti Garing

Wisata Museum Membosankan? Ini Museum Indonesia yang Unik dan Anti Garing
Advertisement

Jika anda membaca istilah Museum Indonesia tentu anda akan membayangkan tempat-tempat yang memajang berbagai peninggalan perang atau benda-benda terkait ilmu pengetahuan alam. Wisata museum hingga saat ini belum menjadi pilihan utama bagi masyarakat Indonesia. Kesan museum yang kaku dan membosankan masih melekat di benak anda. Jangan sampai anda mengabaikan konsep responsible tourism indonesia ketika berkunjung ke museum. Namun bila anda menemukan museum-museum berikut, mungkin pandangan anda tetang museum akan berubah :

  1. Museum Kata Andrea Hirata, Belitung

Bagi anda yang terinspirasi dengan Laskar Pelangi tentu sudah tidak asing dengan sosok Andrea Hirata. Penulis yang satu ini membangun museum yang sangat inspiratif di tanah kelahirannya, Belitung. Di dalam museum ini anda bisa menemukan berbagai kata-kata yang inspiratif tertulis pada tembok bangunan yang berwarna warni ini. Tidak hanya literasi tentang bahasa saja, namun berbagai literatur seperti film, musik, seni, dan anak bisa anda temukan di berbagai penjuru museum. Di sini juga terdapat Kedai Kopi Kuli bagi anda yang ingin bersantai setelah mengelilingi museum Kata.

  1. Museum Nyamuk, Pangandaran

Museum yang satu ini cukup unik karena menawarkan koleksi berbagai jenis nyamuk yang bisa anda pelajari dan kenali akibat-akibatnya. Museum Nyamuk berada di Pangandaran, Jawa Barat dan di kelola oleh dinas Kesehatan. Tidak hanya mengenal jenis-jenis nyamuk, di sini anda bisa belajar berbagai macam obat herbal dan untuk mengatasi gigitan nyamuk.

  1. Museum Kayu Tuah Himba, Tenggarong 

Sebuah museum sederhana yang berada di Tenggarong, Kalimantan Timur ini merupakan museum Indonesia yang memiliki koleksi unik, yakni beragam jenis kayu.  Kalimantan memang terkenal sebagai salah satu produsen kayu yang ada di Indonesia. Jika anda tertarik mengenal dan memahami berbagai jenis kayu secara mendalam, tempat ini bisa menjadi rujukan yang tepat. Tidak hanya pelajar, anda yang suka membuat barang-barang dari kayu juga bisa belajar di tempat ini.

  1. Museum Kartun Indonesia, Bali

Bagianda yang menyukai seni kartun ataupun lukisan, museum kartun di Bali bisa menjadi destinasi wisata seni yang menarik. Museum yang resmi berdiri tahun 2008 ini memiliki koleksi lukisan maupun karikatur dari maestro kartun tanah air seperti Dwi Koendoro, Janggo Pamartha, GM Sudarta, dan masih banyak lagi. Kebanyakan karya di sini merupakan karikatur yang menjadi kritik sosial dari para kartunis.

  1. Museum Kereta Api, Ambarawa

Museum kereta api yang ada di Ambarawa ini bisa menjadi objek wisata alternatif museum Indonesia ketika berlibur di sekitar Semarang. DI sini terdapat berbagai koleksi sistem perkereta apian dari zaman Belanda. Mulai dari lokomotif uap, gerbong kuno, hingga dokumen dan peralatan yang digunakan dalam navigasi kerta di masa kolonial. Pada hari libur umum anda juga bisa merasakan naik lokomotif uap tersebut dengan rute sejauh 35 kilometer yang dapat ditempuh sekitar 60 menit menuju stasiun bedono.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *