Tradisi Unik dan “Sangar” yang Bisa Kamu Temukan di Indonesia

Tradisi Unik dan “Sangar” yang Bisa Kamu Temukan di Indonesia
Advertisement

Indonesia kaya dengan budaya yang dimilikinya. hal ini disebabkan karena di Indonesia ada sangat banyak suku bangsa yang bisa ditemukan. Suku-suku ini kerap kali menghadirkan tradisi yang unik atau bahkan berbahaya. untuk kamu yang ingin tahu tradisi unik dan sangar yang ada di Indonesia berikut ini adalah beberapa ulasan mengenai Tradisi Unik Indonesia yang wajib kamu tahu tersebut.

Tradisi Tatung

Tradisi unik dan berbahaya pertama yang akan kami kenalkan adalah Tradisi Tatung. Tradisi ini adalah tradisi yang dilakukan di kota Singkawang. Tradisi ini merupakan tradisi yang dilakukan untuk menyambut perayaan Cap Go Meh. Yang menarik dari tradisi ini adalah adanya pawai yang meriah dengan warna-warna merah khas kebudayaan Tionghoa yang berkembang di Indonesia. akan tetapi hal menarik dari tradisi ini tidak hanya sekedar pawai yang diadakannya. Hal menarik lain dari pawai ini adalah adanya parade Tatung yang dihiasi dengan kegiatan bela diri debus. Dalam pawai ini mereka yang ditugasi melakukan bela diri debus akan menusuk diri mereka dengan menggunakan benda tajam. salah satu bagian tubuh yang di tusuk dengan menggunakan benda tajam ini adalah bagian mulut. Bagaimana cukup “sangar” bukan?

Tradisi meruncingkan gigi

Memiliki gigi yang rapi dan rata ternyata tidak menjadi impian dari semua orang di dunia, terbukti dari salah satu suku di Kalimantan yaitu suku Mentawai. Di dalam suku tersebut ada sebuah tradisi meruncingkan gigi yang dilakukan oleh para wanita. tradisi meruncingkan gigi ini merupakan sebuah tradisi yang dilakukan oleh para wanita sebagai salah satu lambang kecantikan.

Selain memiliki gigi yang runcing, seorang wanita dari suku Mentawai juga akan dianggap cantik jika mereka memiliki ciri lain seperti memiliki telinga yang panjang dan juga tubuh yang dihiasi dengan titi atau yang umum disebut dengan tato. Tradisi Unik Indonesia yang wajib kamu tahu ini bisa disebut tradisi yang cukup sangat bukan? bagaimana apakah kamu juga mau tampil cantik ala suku Mentawai?

Tradisi potong jari

Satu lagi tradisi sangar dari Indonesia yaitu tradisi potong jari. Tradisi ini juga merupakan tradisi dari salah satu suku di Indonesia yaitu suku Dani yang ada di Papua. Tradisi potong jari ini adalah sebuah tradisi di mana seseorang anggota masyarakat akan memotong jari mereka ketika ada salah satu anggota keluarga mereka yang meninggal. Tradisi ini merupakan salah satu tradisi yang digunakan untuk mengungkapkan penderitaan dan rasa sedih karena ditinggalkan oleh keluarga mereka.

Selain digunakan sebagai wujud kasih sayang dan rasa sedih karena ditinggalkan, ternyata tradisi potong jari ini merupakan sebuah tradisi yang digunakan sebagai bentuk kerukunan, kesatuan dan juga kekuatan dalam diri manusia atau dalam keluarganya

Tradisi Tiwah

Satu lagi tradisi unik dan menarik dari Kalimantan adalah Tradisi Tiwah. Tradisi Tiwah adalah sebuah tradisi yang dilakukan oleh suku Dayak dari Kalimantan. Tradisi ini juga merupakan tradisi yang digunakan dalam hal kematian seorang dari suku Dayak. Tradisi ini merupakan tradisi yang digunakan untuk mengantar tulang dahi orang yang sudah meninggal ke sebuah rumah yang disebut dengan sandung. Selain itu, pelaksanaan tradisi ini juga digunakan sebagai sebuah simbol penuntunan arwah untuk menuju ke surga dan juga untuk melepaskan kesialan dari anggota keluarga yang ditinggalkan. Salah satu Tradisi Unik Indonesia yang wajib kamu tahu ini merupakan salah satu tradisi yang diselenggarakan dengan biaya yang sangat besar. karena menggunakan pengorbanan dan juga pesta yang besar-besaran.

 

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *