Tips Travelling: Responsible Tourism

Tips Travelling: Responsible Tourism
Advertisement

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ada beberapa tips travelling: responsible tourism yang bisa Anda terapkan ketika berwisata.

Perkembangan dunia pariwisata semakin pesat sehingga banyak program yang turut dihadirkan agar wisatawan dan tempat yang dituju sama-sama nyaman dan terhindar dari dampak buruk. Salah satu programnya adalah responsible tourism yang mana merupakan pariwisata yang bertanggung jawab. Makna tanggung jawab disini bisa dikatakan seperti menjaga kearifan lokal dan kelestarian lingkungan.

  1. Bawa Tas Sendiri Saat Belanja

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mendukung program pariwisata yang bertanggung jawab adalah membawa tas sendiri ketika berbelanja. Hal ini dinilai perlu untuk mengurangi sampah plastik dari kantong belanja. Tahukah Anda? Kantong plastik belanjaan tidak dapat diurai selama 500 hingga 1.000 tahun lamanya.

Jadi bisa dibayangkan jika Anda menggunakan kantong plastik terus menerus saat berbelanja setiap harinya. Berapa kantong plastik yang akan Anda gunakan selama satu bulan? Inilah yang membuat pencemaran jangka panjang. Para wisatawan yang mendatangi daerah wisata juga harus mematuhi peraturan ini untuk menjaga kelestarian lingkungan.

  1. Hindari Styrofoam atau Kertas Minyak untuk Bungkus Makanan

Selama ini piknik bersama keluarga sering membawa bekal. Bekal tersebut dibungkus dengan menggunakan Styrofoam maupun kertas minyak. Selain berbahaya untuk lingkungan, kertas minyak dan Styrofoam tersebut bisa membahayakan kesehatan tubuh Anda. Bahan baku Styrofoam dapat mengakibatkan kanker dan gangguan pada saraf manusia.

Bahan Styrofoam juga tidak dapat diurai sehingga jika penggunaannya semakin meningkat, maka jumlah pencemaran lingkungan juga semakin bertambah. Sebaiknya gunakan wadah makanan yang ramah lingkungan dan dapat digunakan dalam jangka panjang. Anda sehat dan lingkungan pun ikut terjaga. Inilah yang disebut tips travelling: responsible tourism.

  1. Bijak Menggunakan Penginapan

Turis yang bertanggung jawab juga akan bijak dalam menjaga dan menggunakan penginapan. Hindari membawa pulang barang yang bukan milik Anda dari penginapan seperti kejadian di Bali beberapa waktu lalu. Anda juga harus menghemat listrik dengan menggunakan seperlunya serta mematikan apabila tidak diperlukan. Hindari meminta handuk setiap kali ingin mandi padahal handuk hotel yang ada masih dalam keadaan bersih.

  1. Bawa Sedotan Stainless Steel

Apabila Anda pecinta wisata kuliner, tips ini sangat penting. Sampah yang paling merusak ekosistem di bumi adalah sedotan plastik. Oleh karena itu saat ini telah banyak dijual sedotan stainless steel yang bisa digunakan dalam waktu jangka panjang. Jadi, sebaiknya jadilah pecinta wisata yang juga cinta lingkungan dengan cara membawa sedotan stainless steel setiap berpergian. Untuk menyelamatkan lingkungan dari kerusakan, Anda hanya butuh satu langkah kecil.

  1. Jalan Kaki Lebih Sehat

Terakhir adalah hindari menggunakan kendaraan bermotor kalau jarak yang Anda tempuh tidak terlalu jauh dan masih dapat dijangkau dengan berjalan kaki. Lihat saja para wisatawan asing yang datang ke Indonesia yang kerap berjalan kaki.

Itulah beberapa tips travelling: responsible tourism yang bisa Anda terapkan saat melakukan perjalanan wisata. Ada banyak pilihan tempat wisata di Indonesia bahkan tempat wisata Indonesia mirip luar negeri juga bisa menjadi pilihan Anda.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *