Tidak Perlu Visa! Ini 10 Objek Wisata di Indonesia yang mirip dengan Luar Negeri

Tidak Perlu Visa! Ini 10 Objek Wisata di Indonesia yang mirip dengan Luar Negeri
Advertisement

Indonesia merupakan negara yang kaya akan tempat wisata. Kita sebagai warga negara Indonesia tentunya harus bangga dong dengan tanah air tercinta, sebab Indonesia menawarkan berbagai objek wisata yang tak kalah cantik dengan tempat-tempat di luar negeri. Ingin menikmati sensasi liburan luar negeri tanpa harus keluar Indonesia? Berikut pilihannya:

  1. Pantai Kuta, Bali

Pantai yang tersohor di pulau Dewata ini sering kali disamakan dengan pantai Waikiki di Hawai. Beberapa kesamaan kedua pantai ini adalah situasi keramaian yang mirip, hamparan pasir putih di sepanjang bibir pantai yang panjang, serta deretan pohon kelapa yang tumbuh di balik pasir putihnya.  Di kawasan Kuta kamu bisa menemukan kawasan wisata halal di Bali karena banyak tempat makan yang menawarkan menu halal. Pantai Kuta juga cocok untuk kamu yang ingin belajar selancar, sebab ombak di sini tidak terlalu besar serta dasar pantai didominasi oleh pasir.

  1. Monumen Simpang Lima Gumul, Kediri

Sepintas saja monumen di simpang lima Gumul Kediri ini sudah bisa kamu kaitkan dengan Arc de Triomphe di Paris, Prancis. Bangunan monumen yang didirikan pada tahun 2003 ini memiliki kesamaan secara bentuk yang berupa gerbang dan lorong dibagian bawahnya sama dengan Arc de Triophe. Masih ada yang unik, di bagian bawah monumen terdapat lorong seperti terowongan bawah tanah yang terang. Jika kamu berjalan-jalan di area ini, kamu bisa merasakan suasana ala terowongan kereta api di  Jepang. Lorong ini juga jauh dari kesan angker dan mistis, sehingga bisa menjadi lokasi berfoto yang mengasyikan. Kedepannya, Monumen Simpang Lima Gumul ini bisa menjadi salah satu Museum Indonesia yang menjadi simbol semangat rakyat Kediri terutama bagi generasi muda kelak.

  1. Kampung Pelangi, Semarang

Mirip dengan Gamcheon Village, Busan, Korea.  Desa wisata yang harus dikunjungi di Jawa Tengah ini menawarkan keindahan perkampungan bertingkat yang memiliki cat tembok warna-warni. Berbeda dengan kawasan Gamcheon Village yang telah tumbuh dan dikenal sebagai pusat seni di Busan, Kawasan Kampung Pelangi sebenarnya murni merupakan area pemukiman warga. Kampung yang memiliki nama asli Kampung Gunung Brintik ini dulunya merupakan area kampung di sisi bukit yang biasa saja, namun sejak disulap dengan cat berwarna-warni membuat kampung ini berubah muka menjadi lebih indah dan menjadi kawasan wisata mirip Luar negri . Kamu bisa memilih berfoto dengan latar rumah warna-warni, atau melihat keindahannya dari atas bukit. Di sini juga tersedia berbagai aksesoris foto yang disediakan oleh warga dan bisa kamu bayar seikhlasnya untuk meminjam properti tersebut.

  1. Candi Sukuh, Karanganyar, Jawa Tengah

Candi peninggalan kerajaan Hindu ini memiliki bentuk candi yang mirip dengan piramida suku maya yakni Chicken Itza di Mexico. Bentuk piramida berundak dengan ujung berbentuk kotak membuat arsitektur kedua candi ini begitu mirip. Kendati Chicken Itza barukuran jauh lebih besar dari Candi Sukuh, kemiripan pola tangga dan undakan dindingnya tidak bisa diabaikan. Tips Traveling ke situs-situs peninggalan sejarah seperti ini adalah jangan sampai kamu merusak bebatuan candi yang sudah berumur dan rawan kerusakan ya. Jangan pula melakukan vandalisme dalam bentuk dan dengan alasan apapun.

  1. Brown Canyon, Semarang

Destinasi wisata di daerah Tembalang, Semarang ini sepintas mirip dengan Grand Canyon yang ada di Amerika. Jika Grand Canyon menjadi tersohor karena faktor ciptaan alam, Brown Canyon adalah lahan bekas galian tambang yang menyisakan bongkahan tebing-tebing batu cadas kecoklatan yang indah. Lokasi ini sudah sering digunakan untuk Sport Tourism Indonesia seperti off-road, namun tebing-tebing besar tersebut juga layak dijadikan salah satu destinasi panjat tebing yang cukup menantang seperti Grand Canyon.

  1. Museum Lawang Sewu, Semarang

  

Lawang Sewu menjadi salah satu Wisata Museum Indonesia yang punya daya tarik sendiri karena berbagai kisah kemistisannya ini ternyata memiliki kembaran di Singapura, yaitu Museum Images of Singapore yang memiliki pola arsitektur yang sepintas mirip dengan Lawang Sewu.  Museum Images of Singapore ini juga menjadi lokasi bagi Museum Lilin Madam Tussaud. Jika kamu melihat bangunan Lawang Sewu saat ini tentu sudah jauh lebih semarak dan jauh dari kesan mistis. Jika malam tiba, lampu-lampu yang benderang justru membuat Lawang Sewu terkesan sebagai bangunan megah.

  1. Goa Jomblang, Wonosari, Jogja

Lokasi Wisata Indonesia mirip Luar negri selanjutnya adalah Gua Jomblang yang mirip dengan Stephens Gap di Alabama, Amerika Serikat. Salah satu kesamaan kedua gua ini adalah cahaya dari atas ketika kamu memasuki lorong gua vertikal ini. Untuk memasuki lorong gua diperlukan alat khusus dan perlengkapan SRT demi menjaga keamanan. Gua Stephens Gap memiliki kedalaman pintu 43 meter, sedangkan Gua Jomblang mencapai 90 meter. Sinar matahari yang menembus dasar gua ini lah yang membuat kedua gua ini menarik untuk dijadikan lokasi berfoto. Gua Jomblang berlokasi di Jogja dan  tidak jauh dari Desa Bejiharjo yang merupakan Desa Wisata yang harus dikunjungi di Jogja. Jika kamu berencana melakukan wisata alam di Jogja, di area ini kamu bisa mencoba berbagai wisata alam seperti raftingcave tubing, serta mendaki gunung purba.

  1. Pasar Apung di Banjarmasin 

Pasar Apung merupakan salah satu pasar tradisional khas daerah Banjarmasin, dimana punya kemiripan dengan Floating Market di Bangkok, Thailand. Warga setempat melakukan transaksi jual beli di atas kapal tradisional di aliran Sungai Barito. Bila kamu merasakan sensasi berbelanja di lokasi Pasar Apung ini, ingatlah pada Tips Traveling : Responsible Tourism, terutama agar tidak membuang sampah ke dalam sungai untuk menjaga ekosistem dan lingkungan sekitar sungai. Sayangnya seiring modernisasi, Pasar Apung di Banjarmasin ini tidak lagi seramai dahulu. Padahal ketika ramai, kapal-kapal tradisional akan mewarnai sepanjang garis sungai dan menjadi pemandangan yang indah.

  1. Gumuk Pasir Parangkusumo, Jogja

Jogja seakan tidak pernah kehabisan pesona alam, di dekat Pantai Parangtritis kamu bisa menemukan hamparan pasir yang mirip dengan padang pasir di belahan dunia lain, seperti Gurun Sahara misalnya. Bedanya, luas Gumuk Pasir ini tentu tidak seluas Gurun Sahara, dan hembusan angin pantai selatan yang kencang dan lembab masih cukup terasa. Nah, Gumuk Pasir ini memiliki potensi sebagai  Sport Tourism Indonesia lho. Sejumlah aktivitas olahraga alam bisa dilakukan di tempat ini seperti sand boarding, surfing hingga paralayang di Pantai Parangkusumo. Tentu saja menjadi PR kita bersama untuk memperkenalkan potensi wisata ini.

  1. Danau Toba, Sumatera Utara

Danau vulkanik dengan panjang mencapai 100 kilometer ini merupakan salah satu wisata alam paling menarik di Sumatera Utara. Hamparan danau dengan pulau kecil di tengah danau ini menawarkan pemandangan bentang alam yang indah dikelilingi perbukitan hijau. Ternyata ada juga danau yang serupa di belahan dunia lain, yaitu Danau Lugu di wilayah Yangyuan, Provinsi Sichuan, Tiongkok yang memiliki pemandangan yang mirip dengan Danau Toba. Hamparan danau ini juga menawarkan pemandangan layaknya Danau Toba jika dilihat dari ketinggian. Nah bila kamu ingin berkunjung ke Danau Toba,  kamu tidak perlu lagi mengkhawatirkan masalah perut. Meskipun daerah Toba dikenal dengan kudapan berbahan babi namun pengembangan Danau Toba sebagai wisata  muslim friendly membuat kamu yang muslim dapat lebih mudah mencari kuliner halal di sekitar kawasan wisata Danau Toba.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *