Tahukah Kamu, Sport Tourism adalah Wisata yang Sangat Diminati

Tahukah Kamu, Sport Tourism adalah Wisata yang Sangat Diminati
Advertisement

Sport tourism adalah pariwisata olahraga yang merupakan salah satu andalan destinasi wisata yang ada di Indonesia. Peminatnya pun rupanya sangat banyak sekali. Tak hanya dari wisatawan lokal dan domestik, tapi juga wisatawan dari luar negeri juga turut menyukai sport tourism ini. Sport tourism Indonesia biasanya dilakukan setiap satu tahun sekali dan yang sangat diminati diantaranya ada berselancar, bersepeda gunung, panjat tebing, flyboard, dan lari marathon. Sport tourism berselancar biasanya dilakukan di perairan pantai Kepulauan Mentawai, karena disana dikenal memiliki gelombang pantai yang tinggi dan sangat cocok untuk berselancar. Untuk bersepeda gunung, biasanya dilakukan di Sentul dan Galunggung. Untuk trek di Sentul, lebih direkomendasikan untuk para pemula, sedangkan untuk Galunggung, memiliki trek yang cukup menantang sehingga lebih direkomendasikan untuk para pesepeda yang sudah ahli dan memiliki skill tentunya. Sedangkan untuk sport tourism lainnya seperti panjat tebing dilakukan di Tebing Citatah yang berada di kawasan Bandung, lalu flyboard di Bali di kawasan Tanjung Benoa, dan lari marathon di Yogyakarta, tepatnya di sekitar komplek wisata Candi Prambanan.

Sport tourism memang lebih dikenal dengan istilah antara perpaduan pariwisata dan juga olahraga. Faktanya, ternyata sport tourismadalah cabang dari lomba Asian Games yang dimana Indonesia sendiri sering mendapatkan medali emas dalam cabang olahraga ini. Karena itulah ketika terdapat event sport tourism ini, tak heran beberapa atlet yang berasal dari Indonesia dan atlet luar negeri ikut untuk mencoba kemampuan mereka masing-masing sebelum berada di pertandingan sungguhan nanti yang akan mereka hadapi. Event ini selain untuk mempromosikan pariwisata yang ada di Indonesia sendiri, rupanya juga dijadikan sebagai ajang tes kemampuan bagi para atlet sekaligus menambah pengalaman mereka untuk kedepan nantinya.

Sport tourism biasanya diselenggarakan dengan perpaduan dari beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut adalah dari budaya, alam, dan wisata buatan dari para warga sekitar. Jadi wajar saja sport tourism juga diandalkan oleh pemerintah sebagai media promosi pariwisata yang sangat efektif dan potensial untuk lebih dikenal nantinya. Sebab ini dikarenakan promosi dari sport tourism akan dilakukan oleh para peserta yang mengikuti event sport tourism tersebut. Secara tidak langsung, mereka akan melakukan influence dari situ. Mereka akan membagikan cerita dan pengalaman mereka baik dari media sosial pribadi dengan mengunggah hal-hal yang menarik dari sport tourism yang mereka ikuti, dan juga bercerita secara langsung kepada teman, saudara, maupun orang-orang terdekat mereka. Karena hal itulah, bisa dianggap sebagai tindakan promosi yang cukup ideal ketimbang harus membuat iklan. Sebab itulah, kegiatan event ini sangat menarik karena sport tourism adalah event multifungsi dalam membangun prestasi olahraga dan juga promosi wisata.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *