Pilihan Desa Wisata yang Menarik Dikunjungi di Jogja

Pilihan Desa Wisata yang Menarik Dikunjungi di Jogja
Advertisement

Kota Gudeg, kuliner khas kota Yogyakarta mungkin sudah kamu kenal. Tapi bagaimana dengan isinya? Apakah kamu sudah perna mengeksplorasinya, sampai mengenalnya jauhlebih yang pernah ada di bayanganmu. Yogyakarta tidak hanya dikenal akan wisata kebudayaan serta sejarahnya seperti Borobudur, Kraton, hingga Prambanan. Sebagai memori dari ingatan akan peristiwa masa lalu, terkhusus yang menyangkut tradisi kental masyarakat Jawa kota pelajar tersebut mengemban label sebagai responsible tourism Indonesia dengan berbagai keindahan alam, adat istiadat, serta sisi lainnya yang menyimpan hal unik dan menarik. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai kota Jogja, setidaknya kamu menyempatkan waktu untuk berkeliling, berkunjung ke desawisata yang harusdikunungi di Jogja, agar paradigm mu tentangnya tidak hanya sebatas wisata sejarah.

Kota yang pernah menjadi Ibu kota Negara di awal pasca kemerdekaan telah merekam, menyimpan berbagai tradisi masyarakat yang lekat dengan adat Jawa, membentuk sebuah komunitas masyarakat multi-etnis dan tempat-tempat khas, berbentuk sebuah desa yang tentunya menarik untuk dikunjungi dalam kurun waktu yang tidak sebentar. Keramahan masyarakat Jogja terhadap para pendatang, pelancong dari berbagai daerah sudah sangat dikenal, terlebih apabila kamu juga bersikap baik dan ramah kepada mereka. Nah, artikel ini akan menginformasikan kepada kamu semua tentang desawisata yang harus dikunjungi di Jogja, sebagai bagian dari aktivitas liburan atau wisata yang tidak selalu tentang spot-spot wisata mainstream.

Desa Wisata Pentingsari

Selain kadangkala menjadi rute dan titik sport tourism atau wisata olahraga di Yogyakarta seperti Lari Marathon, mendaki (hiking), atau balap sepeda, desa yang berlabel desa wisata ini berada di Peting sari Umbulharjo, Cangkringan yang berada dalam kawasan wisata Gunung Merapi yang terkenal di Jogja. Yang patut menjadi perhatian adalah ketika sewaktu-waktu Gunung Merapi memasuki aktivitas siaga, akan menjadi ancaman serius bagi masyarakat, terlebih kepada para pendatang. Dibalik kengerian itu, desa wisata tersebut benar-benar memiliki udara sejuk dan menyegarkan, dengan tampilan khas pedesaan yang berada di lereng gunung. Tanahnya yang subur membuat aktivitas bertani di desa tersebut sangat baik. Berbagai tempat menarik di desa ini yang sering dikunjungi wisatawanya kni Pancuran Sendangsari.

Desa Wisata Nglinggo

Bagi yang baru mendengarnya, salah satu desawisata yang harus dikunjungi di Jogja ini kesannya sukar diucapkan. Akan tetapi, nama tidak melulu memiliki kesan yang sama dengan hal yang ada di dalamnya. Desa wisata yang satu ini berada di dataran yang cukup tinggi, dengan ketinggian kisaran 800 meter di atas permukaan laut (mdpl). Sebagai mana umumnya desa-desa yang berada di ketinggian, hawa sejuk sudah pasti ada. Desa ini menawarkan tampilan pemandangan alam yang sangat indah, dipadukan dengan hamparan hijaunya perkebunan teh yang luas. Selain itu, desa yang berada di Nglinggo Pagerhajo, Sami galuh tersebut menawarkan objek wisata menarik lain seperti Air Terjun Watu Jonggol. Tak heran kalau desa ini termasuk desa wisata yang harus dikunjungi di Jogja ketika kamu dirundung rasa penat perkotaan dan pekerjaan.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *