Paket Tour Labuan Bajo di Bulan Agustus

Paket Tour Labuan Bajo di Bulan Agustus
Advertisement

Bulan Agustus Penuh Cuti?

Temukan Hal Unik Ini Hanya Di Labuan Bajo!

Sangar, gagah dan menyeramkan, kesan pertama orang bila bertemu dengan hewan yang satu ini. Yup, Komodo, salah satu naga purba yang masih ada di dunia ini. Hewan yang hanya berada di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, atau lebih tepatnya di Taman Nasional Komodo. Melihatnya secara langsung pastinya akan menjadi hal yang sangat menggugah adrenalin dan menjadi pengalaman tak terlupakan.

Wisata ke pulau komodo pada bulan Agustus merupakan waktu yang tepat. Bulan ini istimewa bagi hewan purba tersebut. Kenapa istimewa? Ya, di bulan inilah komodo memasuki musim kawin. Uniknya saat masa musim kawin ini komodo akan berduel dulu dengan sesama pejantan lainnya untuk memperebutkan betina yang hendak dikawini. Hal ini menyimpan daya tarik tersendiri yang sungguh langka. Namun, pastikan untuk tetap di jarak yang aman dan ikuti aturan sesuai arahan para ranger atau pawang disana karena saat musim kawin komodo akan lebih agresif. Jadi, usahakan masih dalam jarak aman.

  • Ada Festival Danau Kelimutu di Bulan Agustus

Momen lain yang hanya bisa kamu temukan ketika kamu menginjakkan kaki di Labuan Bajodi bulan Agustus ini adalah menikmati pertunjukan permainan rakyat dan pameran budaya masyarakat setempat. Pertunjukkan ini berlokasi Desa Liang Ndara, Kabupaten Manggarai Barat.

Kita akan menemukan berbagai pertunjukan rakyat. seperti tari Manggarai, pasar makanan lokal, minuman lokal seperti kopi juga ikut dipamerkan serta berbagai macam souvenir khas asli Manggarai. Festival pertunjukan ini diselenggarakan setiap 18-22 Agustus setiap tahunnya.

Fyi, Desa Liang Ndara siap menerima wisatawan yang ingin menginap di rumah warga ketika festival itu berlangsung. Dan jangan lupa, saat festival ini berlangsung kamu bisa membeli oleh oleh khas flores untuk dibawa pulang.

  • Festival Danau Kelimutu upacara adat Pati Ka Du’a Bupu Ata Mata (memberi makan nenek moyang)

Upacara ini sangat dianggap sakral karena merupakan warisan budaya masyarakat lokal yang syarat nilai peradaban dan filosofis yang tentunya harus tetap dilestarikan keberadaannya.  Festival ini sendiri berlangsung sejak 8 hingga 14 Agustus dengan berbagai rangkaian acara lainnya.

Jangan lewatkan yang satu ini juga, Festival Danau Kelimutu. Festival ini diselenggarakan khusus oleh Pemerintah Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur. Salah satu rangkaian acara di festival tersebut adalah penyelenggaraan upacara adat Pati Ka Du’a Bupu Ata Mata (memberi makan nenek moyang). Upacara ini sangat dianggap sakral karena merupakan warisan budaya masyarakat lokal yang syarat nilai peradaban dan filosofis yang tentunya harus tetap dilestarikan keberadaannya.  Festival ini sendiri berlangsung sejak 8 hingga 14 Agustus dengan berbagai rangkaian acara lainnya.

Keindahan bawah laut dan gugusan pulau dari Labuan Bajo memang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Oleh karena itu, Kabupaten Alor berisiniatif untuk menyelenggarakan lomba fotografi bawah laut bagi yang memiliki kegemaran fotografi terutama pesona bawah laut. Jangan salah, event ini dari tahun ke tahun banyak diminati oleh para fotografer profesional bukan hanya dalam negeri namun dari kancah internasional.

Satu lagi acara yang akan membawamu menyusuri keindahan perairan komodo, event ini yakni Sail Komodo. Event ini ramai diikuti oleh berbagai negara untuk ikut berpartisipasi menikmati berlayar di kelilingi gugusan pulau di Labuhan Bajo. Selain dimeriahkan oleh kegiatan Reli Kapal Layar, juga diadakan  Ekspedisi Kapal Riset Internasional dan Ekspedisi Ilmiah Pulau Terluar serta Olahraga Bahari. Tak akan cukup rasanya bila harus menceritakan semua keunikan dan keindahan yang disajikan oleh Labuan Bajo. Terlebih kita belum pernah kesana, dan hanya penasaran saja. Maka dari itu menginjakan kaki di Labuan Bajo dan merasakan suasananya secara langsung akan lebih bermakna dan membekas di memori kita. So, Let’s Get it!

Apabila kamu ingin menikmati rangkain destinasi wisata di Labuan Bajo secara lengkap yaitu wisata alam dan sejarah, kamu bisa request di Samanata.

Samanata merupakan trip organizer yang dapat mengelola liburanmu menjadi asyik dan menyenangkan. Kamu nggak perlu repot menyusun itinerary selama di sana. Serahkan saja semua kepada Samanata, mulai dari mengatur jadwal, destinasi hingga spot menarik untuk mengisi feed instagrammu, bisa diatur.

Jika kamu tertarik untuk pergi ke Labuan Bajo, kamu bisa memilih Paket Tour Labuan Bajo 4 Hari 3 Malam, Paket Tour Labuan Bajo 3 Hari 2 Malam, Paket Tour Labuan Bajo 1 Hari (One Day Tour), atau kamu bisa request hari di samanata, bisa mneghubungi kami.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *