Paket Tour di Labuan Bajo Bulan Januari 2020

Paket Tour di Labuan Bajo Bulan Januari 2020
Advertisement

Melancong Ke Labuan Bajo Di Awal Tahun, Biar Apa Sih?

Apa resolusimu tahun ini? Adakah liburan ke Labuan Bajo termasuk didalamnya? Atau awal tahun ini bakal kamu wujudkan hal itu? Melancong ke Labuan Bajo memang menjadi impian bagi kebanyakan orang. Namun, pernahkah kamu terbesit untuk berencana nge-trip kesana bulan Januari ini? Nah apa aja sih yang bisa kamu temukan disana?

            Bila berbicara tentang cuaca dan musim pada bulan Januari di Labuan Bajo, kita memang harus sedikit melepas keinginan untuk berlama-lama berlayar di atas kapal. Perlu kamu tahu, periode pertengahan awal di bulan ini umumnya masih bagus dan lautnya juga lumayan tenang. Namun bersiaplah untuk akhir Januari dengan hujan disertai angin dan gelombang ombak laut yang semakin tinggi. Pada saat-saat seperti ini pun para penyewa jasa yang biasanya beroperasi memilih untuk sejenak tidak berlayar.

            Namun jangan takut, kamu masih bisa menengok Komodo Dragon dan sesekali bila beruntung melihat Pari Manta disekitar perairan disana. Kamu tetap akan mendapatkan momen yang begitu berharga, tetapi bersiaplah ditemani rintik hujan sore. Siapkan mentalmu dan perbekalanmu selama perjalanan.

Jangan terlalu baper sama cuaca, di bulan Januari ada hal spesial lain yang bisa kamu nikmati loh. Pergi ke festival bisa menjadi alternatif destinasi kamu selama disini. Nah, festival apa yang bisa kamu temui? Yuk, kita ulas lebih dalam.

Festival Reba Ngada

Masyarakat di Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur yang tak jauh dengan Kabupaten Ngada sudah terbiasa dengan tanda-tanda alam di bulan Januari setiap tahunnya. Angin kencang dan hujan gerimis sebagai salah satu tanda bahwa di Kawasan Langa, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada sedang melakukan Ritual Pesta Adat Reba.

            Ribuan orang disana dari berbagai rumah adat atau Sa’o berkumpul memakai kain adat khas Kabupaten Ngada berwarna hitam bercampur benang putih di kain tersebut. Sementara kepala kaum laki-laki dari anak-anak sampai orangtua memakai kain ikat kepala berwarna merah.

            Dalam Festival ini diawali dengan melakukan Perayaan Ekaristi bagi seluruh masyarakat sesuai dengan kepercayaan Iman Katolik. Selesai dari perayaan Ekaristi, ribuan masyarakat Ngada mempersiapkan diri melaksanakan Ritual Uwi Reba. Bagi orang Langa, khususnya masyarakat Ngada umumnya bahwa uwi (ubi) begitu mulia, luhur, diagung-agungkan serta bermartabat dalam kehidupan sosial di kawasan itu. Saat ritual dilaksanakan, uwi sangat dihormati dan dihargai sepenuh hati. Untuk direnungkan bersama bahwa leluhur pertama orang Langa yang mengembara dari negeri China bertahan hidup hanya dengan sepotong uwi (ubi) yang mungkin dibawa dari negeri China.

            Ritual Reba Uwi atau Sui Uwi ini merupakan tradisi menghormati makanan tradisional uwi yang diwariskan secara turun temurun oleh leluhur Ngada. Salah satu leluhur orang Ngada yang mewariskan Uwi Reba bernama Sili. Pelaksanaan Reba ini berlangsung setiap tanggal 15 Januari setiap tahun. Jangan lewatkan ya Guys.

            Perhelatan besar ini diadakan untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Sang Pencipta. Acara ini juga diramaikan dengan tarian, pembacaan mitos, dan memanjatkan pujian akar ubi. Penasaran kan seperti apa keseruan di acara itu?

            Tempat dilangsungkannya upacara Adat ini berada di Bajawa. Ibu Kota Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur ini merupakan kota yang terletak di Pulau Flores. Dataran Tinggi Bajawa adalah salah satu tempat tujuan wisata yang paling terkenal di Flores. Tempat ini dikelilingi panorama lereng gunung berapi yang subur, berpadu dengan kehidupan masyarakat pribumi yang masih sangat tradisional.

            Ketika di Bajawa, jangan lupa untuk mengunjungi Desa Bena, Desa Wae Rebo, Air Panas Mengeruda, Pulau Padar, Taka Makassar dan Pulau Rinca. Wish You Having Fun!

Buat kamu yang ingin liburan ke Labuan Bajo tapi repot memikirkan destinasi wisata yang akan dikunjungi, bagaimana bisa kesana, jadwal kapal labuan bajo, jangan khawatir. Kamu bisa pergi ke Labuan Bajo bersama Samanata.

Mengapa Samanata? Karena Samanata merupakan trip organizer yang dapat mengelola liburanmu menjadi asyik dan menyenangkan. Kamu nggak perlu repot menyusun itinerary selama di sana. Serahkan saja semua kepada Samanata, mulai dari mengatur jadwal, destinasi hingga spot menarik untuk mengisi feed instagrammu, bisa diatur.

Jika kamu tertarik untuk pergi ke Labuan Bajo, kamu bisa memilih Paket Tour Labuan Bajo 4 Hari 3 Malam, Paket Tour Labuan Bajo 3 Hari 2 Malam, Paket Tour Labuan Bajo 1 Hari (One Day Tour), Paket Tour Labuan Bajo 4 Hari 3 Malam atau kamu bisa request hari di samanata, bisa menghubungi kami.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *