Mau Wisata Halal Di Bali? Ini 5 Makanan Halal Yang Bisa Anda Temukan

Mau Wisata Halal Di Bali? Ini 5 Makanan Halal Yang Bisa Anda Temukan
Advertisement

Jika dulu wisata halal di Bali terasa sulit, maka saat ini Bali sudah jauh lebih ramah muslim. Bali merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia yang paling terkenal di berbagai belahan dunia. Tidak hanya dianugerahi alam yang indah, keragaman dan pelestarian budaya di pulau Dewata juga layak diacungi jempol. Penerapan Responsible tourism Indonesia di Bali mampu mengangkat perekonomian di berbagai lapisan masyarakat. Jika dulu banyak wisatawan domestik yang beranggapan bahwa kuliner di Bali lebih banyak makanan non-halal, kini anda  yang merencanakan wisata halal tidak perlu khawatir sebab banyak makanan halal yang mudah ditemui. Berikut ini 5 makanan halal di Bali :

  1. Seafood 

Seafood menjadi kuliner yang sangat mudah di jumpai di Bali. Di berbagai pelosok daerah dan pinggir-pinggir jalan, banyak penjual berbagai olahan seafood dengan harga terjangkau. Mulai dari ikan bakar, kerang, dan beragam olahan seafood lainnya. Jika anda ingin mencari restoran seafood yang nyaman, area di sekitar Jimbaran banyak menyediakan menu ini dengan suasana tepi pantai yang sepoi-sepoi. Makan malam di Jimbaran sembari menikmati mentari senja, wajib masuk daftar wisata halal di Bali yang akan anda lakukan.

  1. Nasi  Jinggo

Jika di Jogja dan Jawa Tengah terkenal dengan nasi kucing, maka di Bali anda bisa menemukan Nasi Jinggo. Nama makanan yang satu ini mungkin terdengar cukup lucu, tampilannya juga dikemas cukup sederhana. Makanan ini bisa ditemukan di pinggir-pinggir jalan. Biasanya penjual nasi Jinggo menggunakan sepeda motor. Nasi Jinggo sendiri merupakan nasi dengan berbagai lauk diantaranya suwiran ayam atau telur, mie goreng, sambal, dan oseng sayur. Porsinya cukup mengenyangkan dan harganya juga sangat terjangkau.

  1. Ayam Betutu

Ayam Betutu merupakan salah satu kuliner khas Bali yang berasal dari Gilimanuk.  Ayam bumbu pedas yang satu ini memang sudah menjadi favorit banyak orang. Namun anda tidak perlu jauh-jauh ke Gilimanuk untuk menikmati makanan pedas yang satu ini. Di daerah-daerah wisata seperti Kuta, Denpasar, dan Ubudanda bisa menemukan tempat-tempat yang menjual Ayam Betutu.

  1. Lalapan

Bagianda yang pertama kali ke Bali mungkin akan heran bila ada yang mengajak anda makan lalapan. Dalam benak anda bisa jadi terbayang kacang panjang, kol, timun, daun kemangi, dan sambal. Namun ternyata Lalapan di Bali adalah sebutan untuk tenda kaki lima yang menjual menu-menu seperti di warung pecellele. Warung lalapan kaki lima mudah sekali ditemui di jalan-jalan utama, terutama di daerah Denpasar dan Ubud.

  1. Sate Lilit

Sate lilitkhas Bali merupakan campuran daging atau ikan dengan parutan kelapa serta bumbu-bumbu yang dililitkan pada tusuk sate ataupun batang serai.  Makanan yang satu ini juga sangat gampang dijumpai. Di tempat-tempat umum serta pinggir jalan banyak penjaja sate lilit dengan berbagai variasi. Selain terbuat dari daging sapi, ayam, atau ikan, ada pula yang menggunakan daging babi. Bagi anda yang menjalankan wisata halal di bali, lebih baik memastikan dahulu daging apa yang digunakan.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *