Makanan Khas Indonesia Terpopuler Yang Wajib Kamu Coba

Makanan Khas Indonesia Terpopuler Yang Wajib Kamu Coba
Advertisement

Indonesia tentunya sangat terkenal akan tempat-tempat wisatanya. Hal ini terbukti dengan banyaknya objek wisata yang telah menjadi sorotan publik. Tetapi, bukan hanya itu saja yang di unggulkan, namun juga dari segi wisata kulinernya yang sudah sangat terkenal ke berbagai negara. Ada banyak sekali pilihan kuliner yang enak yang bisa kamu coba. Untuk lebih jelasnya, berikut ini berbagai makanan khas Indonesia yang wajib kamu coba.

Nasi Uduk

Untuk sebagian orang Indonesia, nasi uduk merupakan hidangan ideal yang disantap ketika sarapan tiba. Nasi uduk sendiri tidak berwarna putih bersih seperti nasi biasa karena dimasak menggunakan air santan, daun jeruk, garam, serai, dan daun salam. Tetapi, hal ini tidak mengurangi kenikmatannya, bahkan menambah rasa gurih maupun keharuman yang khas. Dalam penyajiannya, makanan yang satu ini biasanya dipadukan dengan telur dadar iris, sambal, ayam goreng, kerupuk, taburan bawang goreng, dan bihun goreng. Tentunya kamu harus merasakan kenikmatan dari nasi uduk ini.

Ayam betutu

Tidak hanya terkenal dengan keindahan alam dan pantainya saja, Bali juga sangat terkenal dengan kulinernya yang memiliki rasa pedas. Nah, salah satu kuliner yang bisa kamu coba adalah panganan betutu yang menggunakan bebek atau ayam sebagai bahan baku utamanya. Tahukah kamu bahwa dahulu proses pembuatan ayam betutu ini cukup merepotkan. Ayam atau bebek yang sudah diisi dengan rempah-rempah dibungkus menggunakan daun pisang. Kemudian dibungkus kembali menggunakan pelepah pisang. Kemudian betutu ini dimasukkan ke dalam lubang tanah, yang ditutup bara api hingga matang. Tetapi, kini proses memasaknya sudah lebih sederhana dan modern. Walaupun begitu, kamu tidak perlu khawatir karena rasa yang dihasilkan masih lezat kok!

Ayam Taliwang Lombok

Makanan khas dari Lombok ini adalah salah satu makanan terpopuler di Lombok. Nah, makanan khas ini disebut dengan ayam Taliwang. Pastinya sudah sangat jelas jika bahan utama yang digunakan adalah ayam. Namun, ayam yang dipilih merupakan ayam kampung yang masih muda supaya rasanya semakin enak. Biasanya ayam ini diolah dengan berbagai pilihan seperti dibakar atau dipanggang dan digoreng. Saat kamu merasakannya, pastinya kamu akan ketagihan untuk mencicipinya kembali karena rasa yang ditawarkan begitu lezat dengan rasa pedasnya yang begitu khas.

Mie Bangka

Pernahkah kamu mendengar mie Bangka? Ya, mie yang satu ini adalah salah satu makanan khas Indonesia dari daerah Bangka. Tentunya mie yang satu ini menggambarkan ciri khas dari masyarakat pulau Bangka. Bahan dasar yang digunakan adalah mie basah yang berwarna kuning dan biasanya mie ini disiram dengan kuah berbumbu. Kuahnya sendiri terbuat dari campuran udang, ikan, kepiting, atau cumi-cumi. Adakalanya mie Bangka ini ditambahkan kecambah atau toge, mentimun, hingga kerupuk. Biasanya masakan ini dihidangkan dalam keadaan panas dengan rasa yang sangat lezat maupun adanya sensasi pedas dari cabenya.

Gulai Ikan Patin Jambi

Gulai ikan patin dapat dikatakan sebagai makanan terpopuler dan terkenal untuk masyarakat Jambi. Makanan ini dimasak menggunakan tempoyak, yang merupakan daging buah durian yang telah difermentasi. Tetapi, ada juga sebagian orang yang memasak gulai ikan ini tidak menggunakan tempoyak, namun menggantinya dengan santan kelapa untuk menghindari bau maupun rasa tempoyak yang sangat menyengat. Tentunya kamu bisa menjadikan gulai ikan patin dari jambi ini sebagai makanan khas Indonesia yang wajib kamu coba.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *