Lelah berwisata Olahraga, Berkunjung ke Museum adalah Jawabannya

Lelah berwisata Olahraga, Berkunjung ke Museum adalah Jawabannya
Advertisement

Apa  yang tidak dimiliki Indonesia untuk menegaskan dirinya sebagai negara dengan tujuan banyak orang di seluruh dunia? Rasanya sulit menjawabnya. Meski tak bisa dipastikan secara konkrit, faktanya Indonesia mampu menunjukkan apa yang ia miliki, pariwisata, kebudayaan, kuliner, alam, museum Indonesia, keramahan, dan lain-lain serta menjadi salah satu destinasi pariwisata yang dikenal public mancanegara. Namun, terdapat kesadaran lain yang menunjukkan bahwa ternyata, tujuan atau destinasi wisata tidak hanya sekedar menawarkan keindahan alam, situs sejarah, kuliner, dan sebagainya. Berkembangnya sport tourism atau wisata yang dikolaborasikan dengan olahraga menjadi salah satu alasan berkunjung ke suatu negara, wilayah, atau daerah.

Di Yogyakarta misalnya, kota dengan sebutan kota pelajar ini menawarkan responsible tourism Indonesia dengan kekayaan tradisi dan kebudayaan asli Jawa yang sangat kuat. Siapa tak mengenal atau belum pernah berkunjung ke candi borobudur, salah satu  menjadi ikon wisatakota itu. Selain wisata sejarah, Yogyakarta juga menawarkan berbagai koleksi seni yang merepresentasikan identitas asli Jawa kuno hingga modern yang tersimpan dalam museum Indonesia yang cukup populer di kalangan pecinta seni dan kebudayaan, yakni museum Affandi. Untuk sport tourism sendiri, Yogyakarta memiliki event Mandiri Jogja Marathon dan Borobudur Marathon, sebuah kompetisi lomba lari marathon internasional yang sudah dikenal dunia, dengan rute yang diambil berada di kawasan wisata seperti candi borobudur, museum K.Ambarawa, Museum Kapal, Pondok Pesantren Darul Hikmah, pantai Parangtitis, pencak kenteng, hingga stasiun Bedono.

Untuk pesertanya sendiri, terdiri dari berbagai pelari yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Biasanya setelah cukup penat, lelah menyaksikan event lari marathon yang disponsori oleh bank Mandiri, salah satu badan usaha milik pemerintah pengunjung maupun peserta dapat berkunjung ke tempat-tempat yang menyediakan sisi lain kota Jogja, mempelajari nilai-nilai luhur, hingga tradisi khas yang menjadi garis perbedaan dengan kota-kota lainnya, dalam balutan ornamen-ornamen karya seni, dan arsitektur. Museum Affandi tentu telah akrab di kalangan pencinta lukisan. Untuk namanya sendiri, sebagai salah satu museum Indonesia yang banyak dikunjungi wisatawan sekaligus seniman, museum Affandi menyimpan koleksi karya-karya lukis yang begitu fenomenal, dengan tatanan unik, menarik, serta mendidik, membuatnya menjadi inspirasi sekaligus media edukasi yang baik dan efektif bagi pegiat karya seni lukis di Indonesia.

Wisata olahraga di Indonesia memang sudah menjadi agenda-agenda utama di sector pariwisata di berbagai daerah, agar sedianya calon wisatawan yang hendak berkunjung tak hanya melulu persoalan tempat-tempat wisata semata, melainkan ada hal lain yang akan lebih. Kita tahu bahwa orang-orang yang berkunjung ke museum-museum Indonesia dilandasi oleh keingin tahuan atau education tourism, bukan sport tourim. Nah, dengan memusatkan area wisata olahraga di jalur-jalur yang berada di kawasan museum Indonesia atau spot-spot wisata lainnya seperti pantai atau gunung, dipercaya menawarkan pengalaman berwisata yang berlibat ganda.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *