Jawa Tengah: Selain Sport Tourism, Berwisata di Desa berikut tidak Kalah Menyenangkan

Jawa Tengah: Selain Sport Tourism, Berwisata di Desa berikut tidak Kalah Menyenangkan
Advertisement

Jawa tengah menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang mendapatkan banyak perhatian karena keistimewaan yang dimilikinya. Selain wisata olahraganya yang sudah dikenal di kalangan macanegara seperti Borobudur Marathon hingga bahari sport tourismnya seperti arum jeram dan mendaki, wilayah yang mempunyailetakgeografis yang vital di tanah Jawa ini kental akan tradisi, adat istiadat, serta kebudayaan, provinsi yang berbatasan langsung dengan Jawa Timur, Barat, dan Daerah Istimewa Yogyakarta, juga mempunyai landscape alam yang mempesona. Ada begitu banyak tempat dan desawisata yang harus dikunjungi di Jawa Tengah yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama saat liburan dan akhir pekan. Nah, bagi kamu yang merencanakan perjalanan atau wisata ke Jawa Tengah dalam waktu dekat, ini adalah beberapa lokasi desa wisata yang bisa masuk ke dalam daftar tujuan wisatamu.

Desa Candirenggo

Salah satu tempat wisata terkenal di Jawa Tengah, sekaligus responsible tourism Indonesia tepatnya bernama desa Candirenggo. Objek wisata yang menjadi primadona desa ini adalah Gua Petruk, Gua yang ditemukan di ketinggian 75 meter dari bukit kapur. Gua Petruk memiliki panjang sekitar 2.000 meter, tetapi hanya dapat dieksplorasi hingga batas maksimum 350 meter. Di gua ini, pengunjung dapat melihat ornamen asli patung alam berupa stalaktit dan stalagmit yang tersebar di sepanjang tubuh gua. Di dalam gua, terdapat pula mata air serupa kolam renang dan air terjun. Faktanya bahwa Gua Petruk juga dianggap sebagai salah satu gua paling indah di Indonesia.

Desa wisata Dieng Kulon

Diantara kamu mungkin sudah tidak asing dengan Dieng Culture Fest (DCF) yang rutin dilaksanakan di desa wisata Dieng Kulon. Salah satu agenda pariwisata populer di Jawa Tengah, mampu mendongkrak pendapatan daerah dan masyarakat setempat. Desa yang berada di Kabupaten Banjar negara tersebut menjadi satu dari sekian banyaknya desa wisata yang harus dikunjungi di Jawa Tengah. Fasilitas yang ada di Dieng Kulon terbilang lengkap, ditambah dengan aroma desa yang jauh dari polusi, udara segar nan sejuk akan kamu dapatkan di sini. Keramahan masyarakat kepada pendatang tidak perlu diragukan. Pagelaran DCF secara rutin menjadi alasan mengapa desa yang tergolong asri, hijau, dan mempesona ini selalu ramai dikunjungi, walaupun DCF tidak dilaksanakan.

Desa wisata Kandri

Agaknya, ketika bicara seputar desa wisata di Jawa Tengah tak enak rasanya jika tak memasukkan desa Kandri ke dalam daftar. Desa yang berjarak tempuh sekitar 40 sampai 60 menit dari Ibu kota Jawa Tengah, Semarang dan berada di Kecamatan Gunung pati, menjadi pemenang pertama Festival Desa Wisata se-Jawa Tengah pada tahun 2018. Prestasi tersebut bukan tanpa alasan, sebagai desa wisata yang harus dikunjungi di Jawa Tengah ini, menawarkan wisata pertanian atau agro wisata hingga waduk Jati barang, dan Gua Kreo. Bisa dibayangkan pengalaman wisatamu seperti apa, kan?

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *