Jangan Hanya Lewat, Ini Kuliner Khas Muntilan yang Wajib Dicoba

Jangan Hanya Lewat, Ini Kuliner Khas Muntilan yang Wajib Dicoba
Advertisement

Muntilan biasanya hanya dikenal sebagai salah satu jalur penghubung antara Yogyakarta dengan kota besar lain seperti Magelang dan Semarang. Kecamatan yang terletak di kaki gunung Merapi ini ternyata memiliki makanan khas Indonesia yang wajib kamu coba. Makanan khas Muntilan dikenal dengan makanan kaya rasa dan banyak memanfaatkan bumbu-bumbu dari alam agar memberikan rasa yang enak dan tidak akan ditemukan di tempat lain. Berikut ini Makanan khas Indonesia yang wajib kamu coba di Muntilan :

  1.  Tape Ketan Muntilan

Salah satu makanan khas yang wajib kamu coba dan bisa jadi oleh-oleh ketika mampir ke kota Muntilan adalah tape ketan. Terbuat dari beras ketan putih yang difermentasi, membuat tape ketan khas Muntilan memiliki perpaduan rasa manis dan asam yang nikmat. Namun ada yang membuat tape ketan Muntilan lebih spesial, yakni rasa asamnya yang lebih menonjol sehingga membuatnya menjadi semakin nikmat untuk Kamu gunakan sebagai campuran minuman atau dinikmati secara langsung.  Tape ketan khas Muntilan juga sering dijadikan minuman hangat, sebab rasa asam manisnya memberikan kesegaran yang unik dan khas. Berbeda dari tape ketan dari kota lain yang cenderung manis. Untuk Kamu yang ingin membawa pulang tape ketan sebagai oleh-oleh, tak perlu khawatir karena beberapa toko yang berada di pusat Kota Muntilan menyediakan kemasan dalam bentuk toples yang akan aman ketika dibawa ke luar kota. Tape ketan Muntilan merupakan Makanan khas Indonesia yang wajib kamu coba.

  1. Sop Empal Gentong

Bila sedang mencari hidangan lezat khas Muntilan, Sop Empal Gentong bisa menjadi makanan yang menarik untuk Kamu coba. Berbeda dengan empal gentong pada umumnya, sop empal gentong khas Muntilan disajikan dengan semangkuk sop berisi nasi, bihun dan taburan bawang goreng  dan empalnya disajikan bersama sambal di piring kecil secara terpisah. Tak hanya diracik dengan bumbu yang membuat rasanya menjadi nikmat, empalnya juga memiliki tekstur yang lembut. Rasanya yang nikmat, membuat sop empal gentong khas Muntilan menjadi salah satu kuliner legendaris yang wajib Kamu cicipi ketika berkunjung ke Muntilan.

  1.  Jemunak

Jemunak adalah makanan khas Kota Muntilan yang sangat dinantikan terutama saat bulan Ramadan karena cocok dinikmati sebagai makanan saat berbuka puasa. Terbuat dari ketela dan beras ketan yang dimasak dengan cara dikukus, kemudian setelah matang Jemunak dihidangkan dengan parutan kelapa dan cairan gula jawa. Nama Jemunak berasa dari singkatan “ngaji nemu barang enak” karena makanan ini biasa menjadi hidangan selepas acara pengajian dan sudah menjadi makanan khas yang dilestarikan secara turun-temurun.  Tak perlu menunggu ketika bulan Puasa, Jemunak tetap bisa kamu temui kapan saja di berbagai tempat di kota Muntilan. Kamu bisa mampir ke pasar tradisional untuk menemukan Makanan khas Indonesia yang wajib kamu coba.

  1. Pothil

Camilan khas Muntilan yang bisa menemani Kamu minum teh atau kopi di sore hari adalah Pothil. Bahan dasar dari pothil adalah ketela dan menggunakan bumbu pelengkap seperti ketumbar dan bawang putih untuk membuat rasanya menjadi semakin nikmat. Bentuknya seperti cincin namun sedikit lebih besar, kudapan ini memiliki tekstur yang agak keras namun renyah. Selain itu, camilan khas Muntilan ini punya rasa yang gurih dan tentu akan membuatmu ketagihan serta tak henti mengunyahnya. Kudapan renyah ini hanya bisa kamu temukan di sekitar Muntilan saja. Jangan lewatkan membeli camilan ini di pasar lokal yang menjual berbagai camilan lokal.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *