Ini Hal Menarik yang Tak Membosankan Saat Anda Pergi ke Objek Wisata Borobudur

Ini Hal Menarik yang Tak Membosankan Saat Anda Pergi ke Objek Wisata Borobudur
Advertisement

Wisata Borobudur di Indonesia, tentusaja bukanhal yang asing bagi masyarakat Indonesia. Candi Borobudur yang juga sebagai objek wisata rohani untuk umat Budha yang ada di seluruh dunia, juga bisa menjadi objek wisata ziarah untuk mereka yang ingin mengenal jati diri dari Sang Budha lewat peradaban di masa lampau sehingga membentuk sebuah eksistensi berupa Candi Borobudur. Tak hanya umat Budha yang dapat menikmati kemegahan Candi Borobudur, sebab masyarakat luas juga dapat berkunjung dengan bebas.

Sejarah Candi Borobudur

Sejarah berdirinya bangunan Candi Borobudur ini diperkirakan terjadi pada tahun 750 M. Borobudur didirikan Raja Samaratungga yang berasal dari Dinasti Syailendra, sebagai dinasti terbesar yang ada di Indonesia atau Nusantara dulunya. Menurut kajian sejarah sendiri, wisata Borobudur merupakan peninggalan dari kerajaan Mataram kuno.

Hal Menarik di Candi Borobudur

Bagi Anda yang ingin pergi ke Candi Borobudur, maka Anda bisa mempercayakan responsible tourism Indonesia untuk berwisata ke Candi Borobudur.  Namun ada beberapa hal yang wajib Anda tahu, mengenai aktivitas apa saja yang ada di Candi Borobudur, sebagaiberikut :

  1. Mempelajari Budaya dan Sastra

Bagi penggemar seni budaya dan sastra, tentu pergi ke Candi Borobudur bisa memberikan pengalaman menarik tersendiri. Dalam hal ini, Anda dapat membaca serta mengamati relief yang telah tergambar pada dinding candi. Agar bisa membaca relief tersebut secara berurutan, maka Anda mesti berjalan mengitari bangunan candi dari arah kiri ke arah kanan searah dengan putaran jarum jam.

Bisa dimulai dari pintu bagian timur pada tingkatan terbawah serta berjalan memutar hingga kembali lagi ke pintu awal lalu menaiki tangga menuju tingkatan selanjutnya. Anda bisa melakukan hal tersebut secara terus menerus hingga ke tingkatan teratas agar mendapatkan cerita relief yang utuh dan berurutan.

  1. Berburu Souvenir

Rasanya tak akan lengkap bila kita tak membeli souvenir saat mengunjungi sebuah objek wisata tertentu. Berada tidak jauh dari Candi Borobudur, ada deretan kios atau toko souvenir. Di sinilah Anda dapat membeli berbagai macam souvenir, seperti kaos, topi, gantungan kunci, tas, hingga miniatur candi. Adapun harga souvenir yang ditawarkan sendiri bervariasi, karenanya Anda harus bisa menawar dengan sebaik mungkin.

  1. Berburu Foto

Objek wisata Borobudur menawarkan banyak tempat foto menarik, khususnya bagi para penggemar fotografi. Anda bisa berkeliling kompleks bangunan candi dengan menemukan angle yang tepat saat memotret. Wisata ini juga dikenal menawarkan pemandangan sunrise dan sunset yang begitu mempesona. Karenanya datanglah di waktu yang tepat dan siapkan kamera untuk mengabadikan momen-momen terbaik saat berada di Borobudur.

Itulah beberapa hal menarik yang bisa Anda lakukan di tempat wisata Borobudur. Karena itu, pastikan untuk meluangkan waktu liburan pergi ke Borobudur bersama orang tersayang!

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *