Destinasi Wisata Halal di Bali

Destinasi Wisata Halal di Bali
Advertisement

Bali merupakan salah satu destinasi wisata Indonesia yang paling dikenal hingga ke mancanegara. Namun belum ada pembahasan khusus mengenai wisata halal di Bali. Meskipun demikian, Anda masih tetap bisa menikmati destinasi wisata halal di Bali. Berikut beberapa rekomendasi untuk Anda yang ingin wisata halal di pulau Dewata Bali.

Umumnya tempat wisata di Bali kental dengan sentuhan budaya Hindu karena memang sebagian besar dari penduduk Bali menganut kepercayaan Hindu. Hal ini tidak menutup kemungkinan untuk para muslim menikmati keindahan alam Bali karena Anda masih bisa berwisata nyaman dengan ide liburan muslim friendly.

  1. Kampung Islam Tertua di Bali

Jika mendengar kata Bali pasti orang berpikir bahwa tidak ada penduduk muslim di sana. Padahal penduduk muslim di sana lumayan ramai bahkan ada satu kampung dimana penduduknya beragama Islam. Kampung tersebut bernama Kampung Gelgel. Kampung ini disebut-sebut sebagai Kampung Islam tertua di Bali, Anda bisa menjalin silaturrahmi dengan sesama muslim.

Kampung Gegal juga memiliki rumah ibadah yakni Masjid Nurul Huda. Bangunan masjid ini tetap kokoh meskipun sudah berdiri sejak masa pemerintahan Kerajaan Majapahit tepatnya 14 Abad yang lalu. Seni yang terdapat pada masjid ini merupakan ukiran di bagian pintu yang berasal dari paduan seni Kriya Islam dan Hindu.

  1. Gunung Agung

Bali menyajikan banyak keindahan yang bisa dikatakan sebagai tempat wisata Indonesia mirip luar negeri. Kata mirip di sini bukanlah mirip secara nyata, namun sensasinya bisa Anda rasakan seperti sedang berlibur ke luar negeri. Seperti wisata Gunung Agung yang bisa masuk daftar rekomendasi destinasi wisata halal di Bali.

Anda bisa menikmati pesona alam Bali dari atas ketinggian Gunung Agung 3.142 mdpl. Para pendaki akan disajikan dengan pemandangan alam yang cukup memuaskan dan seluruh lelah ketika mendaki seolah buyar ketika melihat pesona alamiah.

  1. Toleransi di Puja Mandala

Wisata halal di Bali bukan hanya yang berbau Islam, namun juga destinasi wisata yang ramah terhadap wisatawan muslim seperti halnya Puja Mandala. Sebagai provinsi yang dikenal dengan ragam wisata menarik, Bali turut menampilkan toleransi terhadap 5 agama besar di Indonesia seperti bangunan rumah ibadah dari 5 agama yang diakui Indonesia yakni Islam, Hindu, Buddha, Katolik dan Kristen.

Kelima rumah ibadah tersebut berdiri secara berdampingan. Masjid Ibnu Batutah dibangun bertetanggaan dengan gereja katolik dan hindu, pura dan wihara. Puja Mandala terletak di Jalan Kuru Sentra, Desa Bualu, Nusa Dua, Bali.

Selain ketiga tempat yang telah disebutkan, Anda juga bisa melakukan kegiatan wisata halal di Bali dengan menyambangi Desa Candi Kuning Begudul yang memiliki pesona alam nan tenang dan Kampung Muslim Terbesar di Bali, Desa Kecicang.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *