Destinasi Sport Tourism yang Populer di Indonesia

Destinasi Sport Tourism yang Populer di Indonesia
Advertisement

Dengan investasi kekayaan alam yang tidak terbatas, perbedaan tradisi dan kebudayaan antar masyarakat, hingga destinasi tempat wisata yang beragam menjadi sebuah peluang dan potensi tersendiri bagi Indonesia dalam memperkenalkan serta mempromosikan Indonesia di hadapan mata dunia. Ditambah dengan perkembangan industri pariwisata bernama sport tourism di Indonesia, sebuah program dengan mengolaborasikan olahraga dan wisata, membuat Indonesia kian ramai dikunjungi para wisatawan domestik dan mancanegara setiap tahunnya. Memang benar, beberapa tahun belakangan, pemerintah bersama pihak lain yang terkait gencar-gencarnya membuat kebijakan yang menyangkut olahraga dan pariwisata, di mana dua sektor ini bersatu menciptakan satu sektor baru yang dapat secara konkrit berpengaruh terhadap devisa atau pendapatan negara.

Melaui sport tourism Indonesia, kerap kali berdampak sangat baik terhadap pergerakan dengan meningkatnya ekonomi suatu wilayah, apalagi ditambah dengan promosi daerah-daerah tertentu yang menjadi tujuan wisata. Sampai-sampai semua daerah di Indonesia kini saling berlomba dalam memperkenalkan daerahnya melalui program sport tourism, untuk menarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Nah, artikel ini akan mengurai berbagai sport tourism di Indonesia yang daerahnya telah kian dikenal publik, oleh karena kegiatan sport tourismnya sukses dilaksanakan setiap tahunnya.

Tour de Singkarak, Sumatera Barat

Tour de Singkarak merupakan event internasional balap sepeda marathon yang resmi, termasuk dari kelas 2.2 Asia Tour oleh Persatuan Balap Sepeda Internasional (Union Cycliste International) yang dilaksanakan di Sumatera Barat reguler setiap tahunnya. Menjadi program unggulan pemerintah provinsi Sumatera Barat di sektor pariwisata, Tour de Singkarak dinilai sukses pada penyelenggaraannya yang pertama kali di tahun 2009. Umumnya, event yang sudah menjadi program prioritas pemerintah tersebut dilaksanakan sekitar bulan April hingga Juni selama satu minggu dengan peserta yang mencapai 10.000 orang. Event ini bukan sembarang event, pihaknya sudah menetapkan kerjasama bersama Amaury Sport Organisation yang dimana pihak tersebut menjadi pelaksana Tour de France di Perancis.

Sebagai perwujudan dari sport tourism di Indonesia, khususnya di pulau Sumatera Barat telah mengantongi dukungan dari berbagai pihak, pemerintah, swasta, dan masyarakat. Dari pihak pemerintah, dalam hal ini kementerian Pariwisata Indonesia telah mengalokasikan dana besar dari APBN, ditambah dengan partisipasi APBD provinsi, serta kabupaten/kota yang wilayahnya dilalui peserta atau menjadi jalur lomba. Kebijakan tersebut diputuskan karena setiap wilayah yang menjadi jalur yang dilalui peserta berkonstribusi besar dalam mempromosikan daerahnya, sehingga tak heran tiap tahunnya daerah yang menjadi jalur lomba mengalami peningkatan setiap pegelarannya.

Mandiri Jogja Marathon, DI Yogyakarta

Lari marathon jadi salah satu opsi dari banyaknya jenis olahraga dalam sport tourism di Indonesia. Tak hanya sekadar menyaksikan peserta berlari dalam jarak tempuh yang jauh, penonton pun bisa berpartisipasi atau ikut serta dalam keseruannya dan persaingannya. Berdasarkan berbagai sumber terkait, kurang lebih 7.500 peserta tiap tahunnya yang berpartisipasi dalam ajang yang disponsori oleh salah satu perusahaan negara tersebut, bahkan lebih dari 85% dari keseluruhan peserta berasal dari luar kota Jogja. Karena animo masyarakat yang tinggi, pihak penyelenggara pun telah berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitas teknis di lapangan, pelayanan, hingga hal-hal yang non teknik agar supaya event sport tourism di Indonesia ini dapat berlangsung dengan baik setiap tahunnya. Dalam setiap pagelarannya, Mandiri Jogja Marathon menyiapkan empat kategori diantaranya 5 kilometer, 10 kilometer, half marathon, dan full marathon, dengan rute lintasan yang terdiri dari beberapa kota seperti Jogja, Sleman, hingga Klaten. Dengan pemandangan dan panorama keindahan khas, menjadikan sport tourism di Indonesia satu ini ditunggu-tunggu oleh seluruh pecinta olahraga lari, dalam maupun luar yang sekaligus ingin berwisata menikmati tempat-tempat Indah di Indonesia.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *