Cara Menjadi Responsible Tourism Yang Wajib Dicoba

Cara Menjadi Responsible Tourism Yang Wajib Dicoba
Advertisement

Berlibur ke suatu tempat bias menjadi sangat menarik karena dapat melepaskan penat, juga bias mengenal banyak budaya. Namun tahukah Anda jika berlibur juga bisa memberikan efek buruk terhadap daerah yang anda kunjungi, oleh sebab itu tidak heran jika Anda diwajibkan untuk menjadi turis yang bertanggung jawab. Dengan adanya gerakan ini  maka bias  membuat efek positif terhadap daerah yang akan dikunjungi. Sebab berlibur tidak hanya melepaskan penat, namun juga sekaligus untuk melestarikan tempat yang dikunjungi sehingga keindahannya bisadinikmati oleh anak cucu kedepannya.

  1. Mengurangi Penggunaan Sampah Plastik

Apabila Anda datang ke tempat wisata Indonesia mirip luar negri, dan ingin menjadi wisatawan yang bertanggung jawab, maka jangan lupa untuk tidak menggunakan sampah plastik, minimal untuk meminimalisir penggunaan sampah plastik. Oleh sebab itu ada baiknya jika Anda berbelanja tidak menggunakan plastic atau menggantinya dengan menggunakan wadah seperti shop bag yang bias dipakai berkali-kali. Dilain penggunaan plastik bias diminimalisir, juga hal ini bias membantu Anda untuk tidak memberikan pengaruh buruk terhadap lingkungan sekitar. Sebab untuk menjadi responsible tourism sangat erat hubungannya dengan menjaga lingkungan sekitar. Hal ini bias memberikan pengaruh positif terhadap lingkungan sekitar.

  1. Mendukung Ekonomi Lokal

Cindera mata merupakan salah satu benda yang sangat wajib dibeli ketika berkunjung ke sebuah daerah, dimana salah satu cara menjadi turis yang bertanggung jawab maka Anda disarankan untuk membantu dalam memajukan ekonomi lokal. Salah satu cara yang bisa Anda coba adalah dengan membeli cindera mata langsung pada pengrajin lokal. Selain itu, dibandingkan membeli makanan di restoran internasional maka ada baiknya jika Anda makan di warung milik warga lokal saja. Dengan cara ini Anda bisamelihat dan mengenal kuliner lokal yang tidak kalah menarik dari kuliner di daerah lainnya.

  1. Menghargai Warga Lokal

Salah satu cara utama jika ingin menjadi turis yang bertanggung jawab adalah dengan menghargai warga lokal, tentunya kapanpun Anda pergi kemana saja maka yang harus anda ingat adalah bahwa Anda merupakan seorang tamu. Jadi Anda harus peka dengan lingkungan sekitar. Sebagaituris, tentunya Anda harus bertanggung jawab dan menaati norma serta budaya yang berlaku di daerah yang Anda kunjungi. Oleh sebab itu jangan sampai Anda menyinggung budaya sekitar, Anda bisa juga mencoba tips traveling: responsible tourism , karena akan sangat membantu.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *