Air Panas Soa, Tempat Melepas Penat Yang Patut Dicoba!

Air Panas Soa, Tempat Melepas Penat Yang Patut Dicoba!
Advertisement

Indonesia merupakan surganya soal pemandian air panas. Banyaknya gunung berapi dalam deretan Cincin Api Pasifik sepanjang Indonesia menjadi sebab fenomena alam ini. Fenomena ini konon banyak mengandung kadar mineral tinggi. Kebanyakan orang percaya berendam di spot ini bisa melepaskan kepenatan bahkan menyembuhkan penyakit loh. Wah, pas banget nih buat melepas penatnya beban hidup kita. ya nggaa?

Indonesia tak kekurangan obyek pemandian air panas alami. Tak luput pula di daerah Nusa Tenggara Timur. Air Panas Soa Mengeruda merupakan fenomena alam yang patut untuk dikunjungi. Sumber mata air panas ini berasal dari Gunung Ine Lika di pusat ibukota Bajawa. Bajawa merupakan daerah pegunungan yang dilewati setelah Ruteng, pusat Ibu Kota Manggarai. Bila kita tarik lurus, lokasi Air Panas Soa terletak sekitar 18 km dari pusat ibukota Bajawa. Dan bila menempuh perjalanan dari Labuan Bajo selama 8 jam via darat dengan menggunakan mobil.

Pemandian Air Panas Soa ini terletak di Mengeruda, Desa Piga Kecamatan Soa, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Di destinasi ini air panas keluar dari dalam tanah yang lama kelamaan membuat tanahnya mengeras seperti batu. Mata air panas yang muncul besar dan terus menerus membuat air harus mengalir dari lokasi ini mencari tempat ke arah yang lebih rendah sehingga membuat semacam aliran sungai dengan air panas. Air Panas Soa memiliki sumber mata air dengan suhu 44 derajat celcius. Saat mengalir hingga ke kolam pemandian, suhunya akan menurun hingga 36 derajat celcius. Hal inilah yang  membuat keunikan tersendiri yang dapat kita nikmati.

pic by @deejase

Pemandian Air Panas Soa berbentuk layaknya aliran sungai dengan beberapa kolam berbentuk lingkaran yang lumayan luas. Kolam inilah yang menjadi spot favorit para wisatawan untuk berendam berlama-lama disini. Kedalaman kolam yang hanya sepinggang orang dewasa sudah bisa membuat kita nyaman. Dan pastinya obyek wisata ini sangat aman untuk anak-anak. Dasar kolam banyak ditumbuhi oleh lumut yang menempel di bebatuan sehingga berwarna hijau. Namun airnya sangatlah jernih sehingga kita bisa melihat dasar kolam dari permukaannya. Sungguh sangat cocok untuk bersantai dan menikmati kehangatannya.

Jangan khawatir bila air panas yang mengandung belerang itu bau. Keunikannya, kita tidak akan terlalu merasakan bau belerang muncul dari pemandian air panas. Meskipun ada, sangat sedikit sehingga tidak akan menyengat. Ketika kita berendam, Airnya yang cenderung hangat akan membuat rileks seluruh tubuh kita. Gemercik airnya bisa jadi terapi tersendiri bagi kita. Inilah alasan mengapa destinasi ini layak sekali menjadi alternatif piihan.

 Perihal biaya masuk, jangan kaget karena untuk menikmati kesegaran disini, kita tidak perlu merogoh kocek banyak. Pemandian air panas yang dikelola Pemerintah Daerah Ngada  hanya mamatok harga masuknya 10 ribu rupiah per orang sekali masuk. Sungguh murah bukan?  Setimpal deh dengan apa yang bisa kita dapatkan. Jangan takut berendam lama-lama disini.  Karena pemandian air panas ini dibuka mulai pukul 07.00 sampai 19.00 WITA.

Tak sampai 10 menit dari mata Air Panas Soa ini, ada akses menuju Bandara Soa Bajawa. Jadi bila lelah selama perjalanan di pesawat, pergi ke destinasi wisata ini merupakan alternatif yang sangat solutif. So, Let’s Refreshing!

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *