3 Sport Tourism Indonesia yang Menjadi Favorit

3 Sport Tourism Indonesia yang Menjadi Favorit
Advertisement

Indonesia merupakan negara kepulauan yang banyak terdapat spot-spot wisata menarik seperti wisata alam. Kekayaan alam indah serta keragaman budaya di Indonesia menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan asing. Namun, ada satu hal lagi yang membuat Indonesia bisa dikenal luas dari segi pariwisatanya yakni sport tourism Indonesia.

Para turis asing cukup tertarik untuk melakukan wisata olahraga di Indonesia mengingat lingkungan yang disajikan cukup nyaman. Ada beberapa daerah di Indonesia yang dikenal oleh dunia karena acara sport tourism-nya. Berikut penjelasan singkatnya.

  1. Daerah Istimewa Yogyakarta

Yogyakarta merupakan salah satu provinsi yang dikenal dengan keragaman wisatanya. Siapa yang menyangka ternyata daerah Yogyakarta inilah yang juga menjadi sport tourism bagi para wisatawan baik asing maupun lokal.

Olahraga yang sering digandrungi oleh para wisatawan ketika berkunjung ke Jogja adalah marathon. Olahraga ini tidak hanya ditonton oleh para wisatawan karena mereka juga turut ambil andil dalam sengitnya persaingan. Setiap tahunnya ada event yang diadakan dari berbagai sponsor untuk menarik para turis asing maupun lokal.

April 2019 kemarin event marathon ini diikuti oleh sekitar 7.500 peserta. Uniknya adalah sekitar 75% dari seluruh peserta berasal dari luar Jogja. Hal ini dikarenakan antusiasme dan animo masyarakat cukup besar. Pihak penyelenggara juga akan meningkatkan kualitas acara untuk kedepannya agar ajang ini tetap dikenal sehingga pariwisata Jogja akan dikenal oleh banyak orang. Marathon yang dilakukan di Jogja juga cukup menarik karena para pesertanya dapat menikmati pemandangan dari Candi Prambanan serta melintasi 13 desa di sepanjang rute perlombaan.

  1. Singkarak, Sumatera Barat

Sport tourism Indonesia juga ada di Singkarak, Sumatera Barat. Tanah minang ini pertama kali menggelar sport tourism yang berupa ajang balap sepeda pada tahun 2008. Acara ini sebenarnya sebuah bentuk dari promosi Sumatera Barat agar lebih dikenal dunia khususnya dalam bidang budaya dan olahraga.

Segala aktifitas yang dilakukan dalam sport tourism akan membuat Sumatera Barat dikenal baik mancanegara dan nusantara. Promo wisata melalui cara yang seperti ini dinilai cukup efektif. Apalagi balap sepeda ini cukup menarik karena Anda akan berkeliling sembari menikmati keindahan tanah Minang penghasil resep rendang ini. Kabarnya lagi acara serupa juga akan diadakan juga di Jambi sebagai ajang pengenalan potensi wisata di Pulau Sumatera.

  1. Banyuwangi – Ijen, Jawa Timur

Untuk wilayah Jawa, Anda bisa mengikuti ajang balap sepeda yang diadakan di Banyuwangi, Ijen, Jawa Timur. Perhelatan akbar ini sudah diselenggarakan selama tujuh tahun berturut-turut dengan rute sejauh 599 kilometer. Destinasi andalan ajang ini adalah Paltuding yang termasuk dalam kawasan Gunung Ijen. Anda juga bisa menikmati kesempatan langka melihat api biru atau blue fire yang disuguhkan oleh Kawah Ijen. Daerah Ijen sendiri merupakan wisata yang menarik, banyaknya destinasi wisata di Indonesia dapat membuat rating pariwisata Indonesia melambung. Bahkan ada juga wisata Indonesia mirip luar negeri atau mungkin lebih indah dari yang ada di luar negeri.

Itulah beberapa tempat yang menyajikan sport tourism Indonesia. Selamat berlibur.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *