Beberapa Tradisi Unik Indonesia Yang Wajib Kamu Tahu

Beberapa Tradisi Unik Indonesia Yang Wajib Kamu Tahu

Ada beberapa Tradisi Unik Indonesia yang wajib kamu tahu yang sebenarnya menjadi daya tarik Indonesia di bidang wisata yang akan menarik wisatawan mancanegara dan bahkan wisatawan dalam negeri untuk melihat secara langsung beberapa tradisi menarik tersebut. Pada beberapa tradisi bahkan kamu bisa ikut berpartisipasi di dalamnya dan mendapatkan pengalaman langsung terlibat dalam tradisi unik tersebut. Jika kamu penasaran tradisi apa saja yang bisa kamu temukan di Indonesia dan mungkin saja tidak kamu ketahui sebelumnya, maka beberapa tradisi berikut ini adalah beberapa tradisi menarik yang tidak boleh kamu lewatkan untuk kamu ikuti jika memungkinkan.

Tawuran Nasi Rembang

Kamu pasti sudah tidak asing dengan istilah tawuran karena banyak pelajar atau bahkan orang dewasa yang sering terlibat tawuran seperti pada beberapa berita yang sering muncul di media massa. Tentu tawuran sebenarnya sering melibatkan batu dan benda-benda tajam yang berbahaya untuk keselamatan. Tapi bagaimana jadinya jika tawuran tersebut menggunakan nasi? Ya, inilah yang terjadi di daerah Rembang, tepatnya di Desa Pelemsari di mana tradisi ini masih bisa kamu temukan sampai saat ini. Untuk jenis tradisi ini dilakukan oleh masyarakat dalam rangka sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil panen yang berlimpah.

Tradisi ini biasanya dimulai dengan berdoa, setelah itu para pemuda-pemudi akan melakukan tradisi saling lempar nasi. Yang menarik dari tradisi ini adalah cerita mengenai terjadinya gagal panen karena warga tidak melakukan tradisi ini. Meskipun tampaknya seperti tradisi yang menyia-nyiakan makanan dengan membuang nasi hanya untuk dilempar, sisa nasi perayaan tradisi ini ternyata nantinya akan diberikan kepada hewan ternak. Masyarakat sekitar percaya bahwa ternak yang mendapatkan makanan nasi sisa dari sisa nasi tersebut juga akan berlimpah nantinya.

Tradisi Potong Jari Suku Dani

Apakah kamu pernah mendengar suku Dani? Ya, suku Dani adalah salah satu suku yang ada di Papua dan merupakan salah satu suku yang memiliki tradisi cukup unik namun juga cukup mengerikan karena adanya tradisi potong jari di sana. Mungkin jika kita mendengar sekilas mengenai tradisi ini akan terdengar cukup sadis, namun sebenarnya tradisi ini dilakukan sebagai bentuk ungkapan kesedihan dari anggota keluarga yang ditinggalkan keluarga yang meninggal. Filosofi dari potong jari ini diartikan bahwa jari dianggap sebagai simbol kerukunan di mana ketika satu ruasnya dipotong, maka tangan tidak akan berfungsi optimal maka hal inilah yang juga terjadi ketika sebuah keluarga kehilangan salah satu anggota keluarganya.

Tradisi ini sendiri sudah lama dilakukan oleh suku Dani. Kamu bisa melihat bagaimana tradisi ini dipraktikkan melalui sebuah film Indonesia yaitu Denias, Senandung di Atas Awan. Di sana digambarkan bagaimana sebuah keluarga suku Dani yang kehilangan salah satu anggota keluarganya. Sebagai ungkapan kesedihan keluarga tersebut, sang ayah memotong jarinya karena kehilangan anggota keluarga yang disayanginya. Saat ini tradisi ini sudah mulai ditinggalkan, namun jika kamu kebetulan berkunjung ke Papua dan memiliki kesempatan untuk bertemu dengan suku Dani, maka kamu akan melihat beberapa sesepuh dari suku Dani yang masih hidup saat ini dengan kondisi jari yang tidak lengkap dan kamu sudah bisa menebak berapa banyak sanak saudara dari sesepuh tersebut yang meninggal dengan melihat kondisi jari yang sudah terpotong tersebut. Meskipun terlihat sadis yang cukup mengerikan untuk memotong sendiri jari kita, namun filosofi dari tradisi ini cukup positif dan hal ini juga menunjukkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang penuh kasih sayang yang tentunya membuat kita semakin bangga dengan kekayaan dan beberapa Tradisi Unik Indonesia yang wajib kamu tahu tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *