Tradisi Unik Indonesia Yang Wajib Kamu Ketahui Sebagai Orang Indonesia

Tradisi Unik Indonesia Yang Wajib Kamu Ketahui Sebagai Orang Indonesia

Dapat dikatakan bahwa Indonesia merupakan negeri yang mempunyai keanekaragaman paling banyak di dunia. Dari mulai bahasa, suku, dan budaya. Namun hebatnya semua saling menghargai dan menghormati karena adanya ikatan Bhinneka Tungga Ika. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, inilah tradisi unik Indonesia yang wajib kamu tahu.

  1. Debus, merupakan tradisi mengerikan dari Banten

Debus adalah tradisi yang dilakukan di daerah banten. Debus kini seringkali dijadikan sebagai ajang pertunjukan masyarakat Banten. Pertunjukan ini dapat dikatakan unik karena setiap anggota akan melakukan adegan menusuk perut menggunakan tombak, memakan api, menyayat bagian anggota tubuh menggunakan golok, hingga tembus tanpa mengeluarkan darah. Nama debus sendiri diambil dari bahasa arab yang bermakna sejenis senjata yang ujungnya runcing. Senjata inilah yang lazim digunakan saat melakukan atraksi debus. Tradisi debus ini tidak hanya memperlihatkan atraksi yang menakjubkan saja, tetapi juga mempunyai sisi lain, yaitu sisi religius.

Memang tradisi ini sangat berkaitan dengan upacara yang berkaitan erat dengan nilai keagamaan. Tidak hanya itu saja, terdapat juga beberapa unsur yang harus dipenuhi ketika ingin memperlihatkan atraksi permainan debus ini. Yang pertama adalah para pemain yang siap menampilkan berbagai atraksi yang akan membuat para penonton tercengang. Tidak hanya pemain saja, namun debus juga membutuhkan alat musik guna mengiringi pertunjukan dari permainan ini. Selain para pemain yang akan menyajikan berbagai atraksi, maka ada beberapa orang juga yang ditugaskan untuk berdzikir supaya permainan yang dilakukan bisa berjalan dengan baik.

  1. Pukul sapu, tradisi menegangkan yang berasal dari Maluku

Pukul sapu adalah atraksi unik yang berasal dari Maluku Tengah dan biasanya dipentaskan di desa Morella dan desa Mamala, Maluku Tengah. Banyak wisatawan yang datang ke Maluku untuk melihat atraksi ini. Setiap anggota desa akan saling memukul menggunakan lidi sampai berdarah. Namun hebatnya suasana yang ada akan tetap akrab setelah dilakukannya atraksi ini. Adapun filosofi yang terdapat di tarian ini adalah sebagai pengingat pasukan Telukabessy ketika bertempur dalam mempertahankan benteng Kapapaha dari serbuan para penjajah.

Tradisi ini sendiri akan berlangsung setiap 7 syawal yang diciptakan oleh seorang tokoh Islam bernama Imam Tuni dari Maluku. Tradisi ini sendiri dipandang sebagai alat dalam mempererat persaudaraan antara masyarakat desa Morella dan desa Mamala. Dipertunjukkan oleh pemuda yang terbagi ke dalam dua kelompok. Setiap kelompoknya berjumlah 20 orang. Nah, kedua kelompok ini akan bertarung satu sama lain. sepertinya tradisi yang satu ini sangat menarik untuk dilihat, bukan?

  1. Pasola, yang merupakan perang antar ksatria berkuda di Sumba Barat

Pasola adalah tradisi yang berasal dari Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur yang sudah sangat populer baik dari wisatawan lokal hingga mancanegara. Tradisi ini digelar untuk merayakan panen maupun memulai masa tanam baru. Tradisi ini sudah diwariskan selama berpuluh-puluh tahun yang dilakukan dengan cara berperang memakai kuda dan tombak. Nah, apa filosofi dari tradisi Pasola ini? Adapun filosofinya adalah setiap pemain yang terkena tombak, kemudian berdarah, maka darah ini dapat menyuburkan tanah, sehingga dapat dikatakan bahwa akan terjadinya panen dan sukses. Namun sebaliknya, jika ada pemain yang mati, tentunya korban ini akan mendapatkan hukuman dari dewa dikarenakan sudah melakukan kesalahan atau pelanggaran.

Demikianlah berbagai pembahasan mengenai berbagai tradisi unik Indonesia yang wajib kamu tahu. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *