4 Makanan Khas Indonesia Yang Wajib Kamu Coba

4 Makanan Khas Indonesia Yang Wajib Kamu Coba

Indonesia merupakan negara yang kaya akan berbagai jenis rempah. Tidak heran jika makanan khas Indonesia memiliki citarasa yang otentik karena dimasak dengan rempah-rempah asli. Berikut ini ada beberapa Makanan khas Indonesia yang wajib kamu coba dengan citarasa kuat asli Indonesia.

Gado-Gado

Makanan yang satu ini dikenal sebagai saladnya Indonesia. Gado-gado mudah sekali ditemukan di berbagai daerah terutama di kota Jakarta. Gado-gado khas dengan beberapa sayuran seperti kacang panjang, kentang, tauge, mentimun, telur, kerupuk dan juga sambal kacang gurih sebagai pelengkap. Gado-gado memiliki beberapa saudara kembar yaitu lotek dan ketoprak. Ketiga jenis makanan ini sama-sama terdiri dari beberapa sayuran dan siraman sambal kacang, namun tetap ada komponen yang membedakannya. Sebagai orang Indonesia jangan sampai tidak bisa membedakan antara gado-gado, lotek dan ketoprak ya.

Bakso

Bakso merupakan makanan yang sangat familiar dari kalangan menengah hingga elit. Kamu bisa menemukan bakso hanya dijual di warung tenda pinggir jalan hingga di restoran fancy dengan harga selangit. Bakso terbuat dari olahan daging sapi dan tepung dengan siraman kuah yang gurih. Sebagai pelengkap ada 2 jenis mie, bawang goreng dan daun seledri yang ditambahkan. Bisa dibilang, bakso menjadi menu favorit sebagian besar masyarakat Indonesia. Beberapa pedagang bakso juga biasanya menambahkan kerupuk pangsit untuk membuat bakso menjadi lebih nikmat. Hmmm, hujan-hujan sambil makan bakso di pinggir jalan sambil ditemani segelas jeruk hangat. Sungguh sebuah kenikmatan yang hakiki.

Soto

Indonesia memiliki berbagai jenis soto dari mulai soto betawi, soto babat, soto ayam, soto sapi, soto medan, coto makassar, soto banjar hingga soto manggala. Hampir tiap daerah di Indonesia memiliki olahan soto khas dengan citarasa rempah yang kuat. Soto terdiri dari mie bihun, suwiran daging, sedikit sayuran dan kuah daging yang gurih. Beberapa daerah menambahkan sentuhan sendiri untuk olahan sotonya seperti dicampur dengan koya, telur, singkong dan masih banyak lagi. Menu ini biasanya disajikan saat sarapan sehingga tidak heran pada pagi hari kamu akan menemukan banyak sekali pedagang soto. Akan tetapi tidak jarang juga kamu menemukan pedagang soto pada malam atau sore hari, tergantung dengan sasaran market penjualnya. Sudah berapa jenis olahan soto yang kamu cicipi?

Sate

Jika mendengar makanan yang satu ini, kamu pasti akan membayangkan potongan daging yang ditusuk lalu dibakar hingga mengeluarkan aroma semerbak. Memang betul sate merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sudah mendunia. Ada beberapa jenis sate yang bisa kamu coba seperti sate madura, sate padang dan sate kambing. Di Jogja kamu bisa menemukan salah satu olahan sate yang cukup unik yaitu sate klathak. Sate klathak sendiri merupakan sate yang berasal dari daging kambing muda yang ditusuk dengan menggunakan besi jeruji sepeda. Tidak terlalu rumit, sate klathak hanya dibakar dengan menggunakan bumbu garam lalu kemudian disajikan dengan sambal kecap. Banyak orang tergila-gila dengan olahan sate ini. Salah satu kedai sate klathak di Jogja bahkan selalu waiting list. Pengunjung yang mau menikmati sajian sate klathak di kedai ini harus rela antri hingga 2 jam. Penasaran dengan bagaimana nikmatnya olahan sate klathak khas Imogiri Jogja? Cobalah untuk berkunjung ke kedai Sate Klathak Pak Pong.

Setiap daerah biasanya memiliki tradisi dan adat yang unik. Hal inilah yang membawa Indonesia menjadi salah satu negara yang kaya akan budaya. Coba kenali kearifan lokal dengan mencicipi berbagai Makanan khas Indonesia yang wajib kamu coba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *