Makanan Pedas Khas Indonesia Yang Wajib Kamu Coba

Makanan Pedas Khas Indonesia Yang Wajib Kamu Coba

Makanan Indonesia memang sangat identik dengan dua kata, yaitu nikmat dan pedas. Bahkan terkadang kedua kata ini cenderung tidak bisa dipisahkan begitu saja. Di setiap sudut warung hingga restoran bintang lima banyak yang menyediakan makanan yang pedas yang menggugah selera. Untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan makanan khas Indonesia yang wajib kamu coba.

Oseng-oseng mercon

Pastinya untuk pecinta kuliner pedas sudah tidak asing lagi dengan oseng-oseng mercon, bukan? Dalam bahasa Jawa kata mercon sendiri adalah petasan, yang menggambarkan seberapa meledaknya rasa pedas yang ada di oseng-oseng ini saat berada di dalam mulut kamu. Buktinya, dari 500 gram daging tetelan sapi, maka banyaknya cabai yang digunakan hingga 250 gram, tentunya hal ini merupakan perbandingan yang akan membuat kamu berkeringat dingin saat menikmati santapan makanan ini. Tidak hanya cabai rawit yang banyak saja, namun masih ada juga rempah-rempah lainnya seperti bawang putih dan bawang merah yang akan menambah kelezatan oseng-oseng mercon.

Balado

Balado adalah teknik memasak khas Indonesia dari Minangkabau. Teknik ini adalah teknik menumis yang menggunakan cabai merah giling dengan berbagai macam rempah seperti bawang putih, bawang merah, hingga jeruk nipis. Tentunya teknik masak balado ini dapat dikreasikan dengan berbagai bahan baku. Dari mulai kentang balado, ikan balado, udang balado, hingga dendeng balado. Mengenai rasanya memang dijamin akan sangat lezat. Saking populernya makanan ini, bahkan sudah banyak makanan ringan, salah satunya keripik yang menggunakan rasa balado sebagai varian rasanya.

Seblak Bandung

Untuk kamu yang merupakan masyarakat Bandung, tentunya sudah tidak asing lagi dengan jajanan yang satu ini. Menawarkan rasa yang pedas dan gurih, tentunya seblak merupakan makanan yang bahan dasarnya terbuat dari kerupuk basah dan dimasak dengan telur dan sayur. Bahkan terkadang juga dikombinasikan dengan olahan daging ayam maupun dengan olahan daging sapi seperti sosis atau bakso. Tekstur kenyal dan rasa pedas dari jajanan ini dijamin akan membuat kamu ketagihan untuk mencicipinya kembali. Terlebih lagi untuk kamu yang merupakan pecinta kuliner pedas, tentunya seblak harus kamu coba.

Bubur pedas

Saat memasuki bulan puasa, ada satu kuliner khas yang memang selalu meramaikan buka puasa di Medan. Makanan tersebut adalah bubur pedas. Bubur ini akan dimasak dengan berbagai macam bumbu maupun rempah-rempah. Dan tahukah kamu bahwa rempah-rempah ini hanya dijual saat bulan puasa saja sebagai bagian dari tradisi. Bubur ini biasanya disantap dengan lauk bernama “anyang”. Lauk yang satu ini dibuat menggunakan berbagai jenis rempah. Agar menjaga aroma dan rasa khas dari makanan ini, maka pembuatan yang dilakukan masih menggunakan tungku kayu bakar dan dimasak selama tiga sampai empat jam. Untuk menemukan kuliner ini, kamu bisa mengunjungi sekitar Istana Maimoon dan Masjid Raya selama bulan puasa di Medan.

Ayam penyet

Ayam penyet adalah makanan khas Indonesia dari Jawa Timur. Makanan yang satu ini disebut dengan penyek dikarenakan ayamnya yang sudah di goreng digeprek sampai penyet di atas cobek kayu atau batu bersama dengan sambal ulek yang pedas. Saking lezatnya makanan ini, kamu dapat menemukannya tidak hanya di Indonesia saja, namun juga di beberapa negara tetangga, mulai dari Singapura hingga Malaysia. Tentunya ayam penyet bisa kamu jadikan sebagai salah satu makanan khas Indonesia yang wajib kamu coba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *