Tempat Liburan di Sekitar Muntilan

Tempat Liburan di Sekitar Muntilan

Muntilan merupakan sebuah kota kecil yang berada di jalur utama antara Yogyakarta dan Semarang. Kota ini terletak di Kabupaten Magelang, sekitar 30 kilometer dari Yogyakarta. Kota ini juga selalu dilewati bagi kamu yang ingin berkunjung ke candi Borobudur dari Yogyakarta. Namun jangan salah, Muntilan menyimpan tempat-tempat wisata yang anti mainstream yang patut kamu coba. Berikut ini rekomendasi tempat liburan anti mainstream Indonesia yang ada di sekitar Muntilan :

  1. Candi Ngawen

Candi Ngawen merupakan salah satu Candi Budha peninggalan kerajaan Mataram Kuno. Komplek candi ini berada di desa Ngawen, Kecamatan Muntilan. Lokasi candi ini juga tidak jauh dari makam Raden Santri. Candi ini termasuk anti main stream sebab di sini kamu tidak anda dikenakan biaya masuk saat mengunjungi komplek candi Ngawen. Komplek ini terdiri dari reruntuhan 5 candi, dimana hanya 1 candi yang masih tampak utuh.  Taman di sekitar candi juga sangat tepat untuk menjadi pilihan berfoto dengan latar belakang reruntuhan batu candi yang tertumpuk rapi. Wisata murah meriah anti mainstream ini semakin lengkap dengan berbagai wisata kuliner murah yang bisa kamu temukan di sekitar sini.

  1. Candi Gunung Sari

Candi Gunung Sari merupakan sebuah kompleks reruntuhan candi yang berada di selatan Kota Muntilan. Lokasi reruntuhan ini berada di atas bukit, sehingga kamu perlu berjalan menaiki bukit dari  lokasi parkir.  Dari atas kompleks candi Gunung Sari kamu bisa menyaksikan panorama keindahan alam di sekitar Muntilan. Keindahan aliran sungai blongkeng dengan Gunung Merapi menjulang indah kejauhan membuat kamu betah berlama-lama di sini. Spot menarik ini bisa jadi lokasi liburan anti mainstream Indonesia bagi kamu yang suka sejarah dan petualangan.

  1. Makam Raden Santri

Makam Raden Santri merupakan tempat liburan anti mainstream Indonesia yang ada di Muntilan. Makam ini dikenal sebagai wisata ziarah rohani bagi umat muslim. Wisata ini ramai dikunjungi peziarah pada bulan-bulan tertentu, terutama menjelang Idul Fitri dan Bulan Suro pada kalender Jawa. Liburan anti mainstream Indonesia ini bisa kamu coba, sekaligus kamu berpetualang di sekitar Muntilan yang masih banyak terdapat tempat alami dan masih jarang terjamah wisatawan.

  1. Makam Kerkof Muntilan

Jika makam Raden Santri merupakan lokasi wisata rohani umat Muslim, di Muntilan kamu juga bisa menemukan lokasi wisata rohani untuk umat Nasrani. Muntilan dikenal sebagai Betlehem van Java karena disinilah misi katolik Jawa pertama lahir. Makam kerkof merupakan kompleks makam kuno khas Belanda yang layak kamu kunjungi. Di sini kamu tidak hanya bisa berziarah, namun juga disajikan pemandangan makam berarsitektur Belanda kuno yang indah dan terawat. Tokoh yang terkenal di kompleks makam ini adalah Romo Van Lith dan Romo Sanjaya yang turut berjuang untuk pendidikan masyarakat Muntilan pada masa Kolonial Belanda dan Jepang. Tempat ini bisa jadi referensi liburan anti mainstream di Indonesia.

  1. Taman Naura

Wisata taman bunga memang sedang populer belakangan ini. Di Muntilan juga terdapat taman bunga yang cukup anti mainstream. Tidak sekadar menawarkan keindahan berbagai macam tanaman bunga berwarna-warni, namun juga berbagai lokasi berfoto yang unik. Ada patung Merlion yang menjadi ikon negara Singapura, balon udara, patung bangau besar, serta kolam ikan yang berpadu dengan nuansa pedesaan.

Belum puas berfoto, disini kamu juga bisa bermain air sebab tersedia kolam renang yang terutama dikhususkan untuk anak-anak. Latar persawahan yang membentang membuat suasana di sini semakin asri. Lokasi ini bisa jadi alternatif pelepas lelah setelah berkunjung ke Candi Borobudur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *