Wisata di Waduk Sermo Kulonprogo: Dari Selfie Sampai Camping

Wisata di Waduk Sermo Kulonprogo: Dari Selfie Sampai Camping

Meskipun keberadaan Waduk Sermo sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari warga Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta sejak tahun 1996, nyatanya kawasan ini baru menjadi salah satu destinasi wisata beberapa tahun belakangan ini. Waduk yang berfungsi sebagai tempat penampungan air dan menjadi sumber utama dari mana aliran air PDAM di Kulonprogo berasal ini sekarang telah menjadi salah satu objek wisata di Jogja yang diminati bukan hanya oleh warga lokal saja, tapi juga mereka dari berbagai wilayah di penjuru Indonesia.

Pesona Wisata Waduk Sermo

Pada awalnya, Kawasan Waduk Sermo menjadi salah satu lokasi wisata di Kota Yogyakarta yang populer dan diminati karena para pengunjung bisa berkeliling waduk dengan menumpang perahu. Karena itulah, jangan heran jika Anda menemukan berbagai perahu di kawasan ini. Apalagi, harga untuk naik perahu per orangnya sangat terjangkau, yaitu Rp 10.000.

Dan sebagai salah satu destinasi wisata alam di Kota Jogja, Waduk Sermo jelas memiliki pesona alam yang menarik dan sangat layak untuk diabadikan. Dengan begitu, para pengunjung pun dijamin akan dibuat sibuk dengan kamera mereka masing-masing, baik itu  untuk menjepret panorama waduk yang mengelilingi mereka, maupun untuk selfie. Bahkan, kawasan wisata yang satu ini sudah masuk di dalam salah satu lokasi paling keren untuk selfie di Yogyakarta, lho!

Serunya Pengalaman Camping di Waduk Sermo

Akan tetapi, apakah naik perahu, foto-foto, dan bersantai menikmati keindahan alam adalah satu-satunya hal yang bisa Anda lakukan di salah satu destinasi wisata di Kota Yogyakarta yang satu ini? Tentu saja jawabannya adalah tidak!

Sebagai sebuah waduk untuk memenuhi kebutuhan air para warga, sayangnya Waduk Sermo baru-baru ini mengalami kekeringan yang bisa dibilang cukup parah. Bahkan, waduk yang lokasinya di Kecapatan Kokap ini debit airnya sempat mencapai titik siaga kekeringan! Untungnya, hal tersebut tidak menyurutkan semangat para warga sekitar, meskipun mereka memang sangat bergantung pada ketersediaan air di waduk tersebut. Seiring dengan turunnya debit air, dataran di kawasan Waduk Sermo menjadi bertambah luas dan menampakkan pemandangan padang rumput yang cukup unik. Bahkan, sekitar bulan September kemarin kawasan ini sempat jadi lokasi syuting film.

Selain menjelma menjadi lokasi foto-foto yang tak diduga, Waduk Sermo pun menjadi salah satu tempat wisata di Kota Yogyakarta di mana Anda bisa berkemah di sekitar waduk. Yang lebih unik lagi, Anda bisa menggunakan VW camper yang jelas bisa memberikan sensasi camping 100% berbeda dibandingkan kemah di dalam tenda! Kepopuleran Waduk Sermo sebagai lokasi kemah sendiri bukanlah hal yang baru, karena sudah banyak yang menyebut kawasan ini sebagai Ranu Kumbolonya Jogja!

Nah, bagi Anda yang hobi berkemah, pengalaman camping dengan VW camper di Waduk Sermo tentunya jangan sampai terlewatkan, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *